Pancarkan.com
Hukum

Gubernur Khofifah Mengaku Diperiksa KPK Selama 1,5 Jam

SURABAYA, PETISI.CO – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai saksi kasus suap jual beli jabatan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 3 orang menjadi tersangka. Masing-masing Romahurmuziy (mantan Ketua Umum PPP), mantan Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan mantan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muaffaq.

Pemeriksaan Khofifah dilaksanakan di Polda Jatim, Jumat (26/4/2019). Khofifah mengaku menjalani pemeriksaan KPK selama 1,5 jam. Bukan 4 jam, seperti yang disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

“Iya (diperiksa, red). Pagi saya ke RUPS dulu di Bank Pembangunan Daerah (BPD atau Bank Jatim). Setelah RUPS, jam 10 kurang lima menitlah saya nyampai di Polda. Seluruh proses, mulai ngisi data sampai tandatangan BAP berjalan 1,5 jam,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/4/2019).

Namun, Khoifah enggan menyebutkan jumlah pertanyaan yang diajukan penyidik KPK? “Kompak (pertanyaannya). Ada yang tertulis rek, biodata-biodata. Itu ditanya nama orang tua, nama mertua, sekolahnya di mana, kemudian pernah menjabat apa saja. Terkait itulah,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan bahwa Polda Jatim bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (26/4/2019).

Pemeriksaan terhadap orang nomor satu di Pemerintahan Jatim ini dilakukan selama empat jam. Diperiksa sejak pukul 09.00 Wib pagi dan berakhir pukul 13.00 Wib.

“Pemeriksaan dilakukan jam 09.00 WIB sampai jam 13.00 di Krimsus Mapolda Jatim,” ujar Barung dalam konferensi pers yang dilakukan di Mapolda Jatim, Jumat (26/4/2019).

Barung menambahkan, untuk substansi pemeriksaan pihaknya tidak berhak menyampaikan karena hal itu kewenangan KPK. Pihaknya hanya menyediakan tempat untuk dilakukan pemeriksaan terhadap Khofifah. (bm)

The post Gubernur Khofifah Mengaku Diperiksa KPK Selama 1,5 Jam appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Curi Peralatan Tower Dijebloskan Tahanan Polsek Tandes

agus petisi

Reskoba Polres Kuansing Tangkap Tersangka Shabu

agus petisi

Sikapi Maraknya OTT, Sekjen LPKAN: Indonesia Perlu Konsep Pencegahan Korupsi Maksimal