Pancarkan.com
Peristiwa

Fatma Foundation Gelar Tasyakuran Kantor di Hari Kartini

SURABAYA, PETISI.CO – Yayasan Citra Fatma Wanita (Fatma Foundation) memiliki kantor baru. Diharapkan kantor Fatma Foundation di kawasan Gayungsari itu bisa lebih fokus lagi dalam melayani dan membantu para perempuan dalam mencegah kanker servick dan payudara.

Minggu siang, Fatma Foundation menggelar tasyakuran pembangunan kantor, bersamaan dengan hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Tasyakuran dihadiri Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ustaz Yusuf Mansyur serta puluhan warga sekitar.

Yayasan Citra Fatma Wanita sendiri, sebuah yayasan yang fokus mencegah kanker servick dan payudara.”Dengan kantor baru ini, kami berharap bisa lebih fokus lagi dalam melayani dan membantu para perempuan dalam mencegah kanker servick dan payudara,” kata pendiri Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf, usai tasyakuran.

Dari kantor baru ini, segala aktivitas Fatma Foundation akan digerakkan. Saat ini Fatma Foundation juga telah memiliki bus kesehatan yang di dalamnya dilengkapi peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern.

Bus Fatma Foundation sendiri telah berkeliling ke beberapa lokasi dengan melakukan penyuluhan kepada minimal 100 orang dan pemeriksaan papsmear dan payudara secara cuma-cuma khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dengan target 50 orang perlokasi.

Di tempat yang sama Gus Ipul mengakui Fatma Foundation ini terinspirasi dari pengalamannya bersama istri saat 10 tahun menjabat wakil gubernur Jatim.

“Saat menjabat saya menemui banyak fenomena penyakit khususnya kanker. pemerintah sudah berbuat tapi tidak cukup kalau tanpa dukungan masyarakat luas,” kata Gus Ipul.

Fatma Foundation telah melakukan pemeriksaan dan penyuluhan secara gratis di enam lokasi di antaranya di perumahan The Gayungsari Regency. Kemudian di Hotel Fatma Jombang, SD Al Hikmah Surabaya, YKP Pandugo I Surabaya, pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar, Surabaya.

Terakhir beberapa hari lalu penyuluhan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

“Selama ini, program Fatma Foundation bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara,” ungkapnya.

Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

“Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya,” ujarnya.

Fatma mengatakan, seorang perempuan terutama ibu-ibu memiliki peranan yang sangat penting bagi keluarga. Ibulah yang melahirkan, merawat dan mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang.

“Maka untuk menjadi seorang ibu, kita harus tetap sehat. Jika ibu sehat, maka ia akan dapat mengurus keluarganya dengan baik dan pula terjamin kesehatannya,” tutur istri Gus Ipul ini.

Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan untuk menjadi sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara,” ujarnya. (bm)

The post Fatma Foundation Gelar Tasyakuran Kantor di Hari Kartini appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Delapan Pesilat Tuban Dikirim Kapolres Ikuti Kapolda Jatim Cup 2021

Ratusan Warga Ikuti Vaksin Booster di Kantor Kelurahan Babat Jerawat

Hari Ketiga Menjabat Kapolres Gresik Ziarah Wali