Pancarkan.com
Peristiwa

Kapolda Jatim Monitoring Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Polres Jember

JEMBER, PETISI.CO – Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan Msi didampingi Kasat Brimob Kombes Pol Ketut Gede Wijatmika beserta Dirkrimsus Polda Jatim berkunjung ke Mapolres Jember, dalam rangka meninjau kesiapan pengamanan Pilpres dan Pileg (Mantab Brata).

Dalam kunjungannya Kapolda Jatim mengatakan, sangat berterima kasih kepada Kapolres Jember, karena telah menjalankan arahan dari Pimpinan tertinggi Polri dalam rangka melaksanakan kesiapan pengamanan Pilpres maupun Pileg.

Kapolda juga meminta masyarakat agar datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

“Kapolres telah memaparkan situasi dan kondisi yang ada di wilayah Jember. Untuk titik rawan, Kapolres telah menambah personil yang akan diperkuat oleh 100 pasukan Brimob. Ini dilakukan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda memaparkan, untuk mengantisipasi bencana alam, karena saat ini kita sudah menyiapkan personil lengkap dengan peralatannya. Dalam hal ini Kapolres telah berkoordinasi dengan pihak BPBD.

Kapolda memberi keterangan kepada wartawan.

Kapolda juga menjelaskan  secara umum ada beberapa titik rawan , pertama Madura.

”Secara keseluruhan Madura manjadi prioritas pengamanan dari Polda Jatim bersama TNI. Karena Madura memiliki sejarah panjang terkait pemilihan, baik Pemilihan Kades, Bupati, Gubernur dan Pilpres,” jelasnya.

Beberapa tahun lalu di Madura pemilihan pilpres sempat diulang, begitu juga pemilihan Gubernur.

Disamping Madura ada juga yang menjadi prioritas pengamanan dari TNI-Polri yakni Pasuruan, Pribolinggo juga Situbondo.

”Namun secara keseluruhan di Jawa Timur tetap aman terkendali,“ terang Kapolda.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan, hari ini Kapolda melaksanakan Kunker di beberapa wilayah berkaitan dengan kesiapan pengaman Pemilu. Arahan Kapolda setelah kita paparkan bagaimana penempatan personil pengamanan yang terdiri dari 7670 TPS di beberapa kecamatan.

“Kita menempatkan 17 ribu personil yang terdiri dari 1041 personil Polri, 370 TNI, 15 ribu linmas yang mana satu TPS terdiri dua linmas. Dengan pola pemetaan dari 7670 tersebut ada 12 TPS yang dinilai rawan. Rawan dalam artian bukan konflik sosial, namun rawan geografis, karena jarak TPS dari pemukiman penduduk sangat jauh dan tidak bisa diakses oleh kendaraan bermotor dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau naik kuda,” jelasnya.(eva)

The post Kapolda Jatim Monitoring Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Polres Jember appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Diusir Paksa Oknum Kecamatan, Pemilik Warung Butuh Bantuan

redaksi

Kapolres Bondowoso Bersama Unsur Terkait Cek Pos Pengamanan Nataru

Pantai Cemara Ramai Dikunjungi Wisata Asing

redaksi