Pancarkan.com
Peristiwa

Personel Koramil Kalipuro Ikut Peran Serta Mendukung Program Puskesmas Kelir

BANYUWANGI, PETISI.CO – Sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasional,  diselenggarakan melalui upaya kesehatan peran serta Masyarakat, Puskesmas, dan rujukan upaya  kesehatan. Puskesmas berfungsi sebagai pusat pengembangan peran serta masyarakat, pusat pembinaan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka membina petugas Puskesmas untuk bekerjasama dalam tim sehingga fungsi Puskesmas bisa berjalan baik.

Puskesmas Kelir Kecamatan Kalipuro, bertempat di salah satu ruangan Kantor Puskesmas Kelir dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi, Senin (08/04/2019).

Kegiatan lintas sektor yang dilaksnakan oleh  Puskesmas Kelir tersebut merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait (lintas Sektoral) guna meningkatkan kerjasama tim.

Memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta meningkatkan fungsi Puskesmas, sehingga diperlukan dukungan kerjasama lintas sektor.

Drg. Nurhidayah Kepala Puskesmas Kelir Kecamatan Kalipuro dalam sambutannya menuturkan, Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi, di era JKN harapan 2019 semua peserta sudah beranggotakan BPJS/JKN.

Sedangkan Paparan Materi Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi oleh Bidan Endang Palarsih.

Menurut Bidan Endang Palarsih, Program Imunisasi salah satu upaya untuk turunkan kesakitan, kematian dan kecacatan pada anak,  tercapainya tujuan umum menurunnya kesakitan, kematian dan kecacatan pada anak dan tujuan khusus, keberhasilan Eradikasi cacar, bebas folio dan turunnya angka kematian akibat campak, Imunisasi Permenkes No.42 th.2013, Imunisasi wajib, tambahan dan rutin, Imunisasi Dasar pada Bayi dari Lahir sampai usia 9 Tahun dan terjadwal sesuai dengan Program Pemerintah.

Sedangkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa harapan sumbangkan bibit Tanaman Obat dan Bantu kegiatan tersebut, Kepala Desa bantuan untuk dibuatkan SK, Pelatihan Penanaman Obat Tradisional dan acute pressure kepada kelompok/group.

Sementara itu Danramil 0825/21 Kalipuro Kapten Inf Suparman mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan, untuk mendukung program Upaya Kesehatan Masyarakat dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Kodim 0825 Banyuwangi khususnya Koramil 0825/21 Kalipuro sangat antusias dalam mendorong kesadaran masyarakat tentang kesehatan serta memaksimalkan peranan Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan Masyarakat. (gus/dim)

The post Personel Koramil Kalipuro Ikut Peran Serta Mendukung Program Puskesmas Kelir appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Tapal Batas

Diskusi Santai KI dan Ombudsman di PWI Jatim, Bahas Program Bersinergi

agus petisi

Kunjungan Kerja Danbrigif Raider 9 Kostrad