Pancarkan.com
Peristiwa

Menerobos Gerimis Bagikan Nasi Bungkus

Relawan Team Comando Pratiwi 106,9 Bondowoso

BONDOWOSO, PETISI.CO – Hujan gerimis yang turun sejak tadi pagi tidak menyurutkan langkah para relawan untuk turun ke jalan dan menyisir sudut-sudut kota. Bukan pula untuk jalan-jalan pagi di daerah wisata Bondowoso.

Sejumlah orang yang tergabung dalam Relawan Team Comando Pratiwi 106,9 Bondowoso, segera bergerak di pagi hari yang dingin dan dibasahi oleh air hujan. Langkah mereka dilakukan guna membagikan nasi bungkus kepada puluhan pemulung, abang-abang becak yang mangkal maupun saat mengantarkan penumpang, yang dirasa harus mendapatkan makanan hari ini. Dikhawatirkan belum sarapan dan tidak sempat makan sebab profesi yang dijalaninya memungkinkan hal itu terjadi, padahal tenaga dan hasil kerjanya sangat dibutuhkan sanak keluarganya.

Selepas pagi, team tersebut, bergerak dari rumah masing-masing menuju posko Pratiwi Berseri Bondowoso, kemudian berkoordinasi untuk melihat kondisi pagi di jalanan lalu mencari target. Para pemulung, petugas kebersihan, abang-abang becak dan masyarakatpun mereka dapati dan saatnya membagikan nasi bungkus.

“Alhamdulillah, hari ini kami membagikan ratusan nasi bungkus dan lauk-pauknya kepada mereka,” terang Alex ketua team tersebut, Jumat (5/4/2019).

Pimpinan Redaksi (Pimred) Tangkap news ini, menuturkan bahwa awalnya ia terinspirasi oleh Team Comando Pratiwi 106,9 Bondowoso yang dimotori oleh Suyut. Team tersebut, telah melakukan hal yang serupa terlebih dulu, lantas ia berpikir mengapa tidak? Hal yang serupa juga dilakukan di daerahnya.

“Konsep itu saya adopsi dan diterapkan di Bondowoso karena ini program rutin Team Commando 106,9 Bondowoso, kita melakukannya setiap hari Jumat,” terang Alex.

Karena kita peduli. Kata dia, betapa kerja para petugas dari pagi hari sudah turun ke lapangan membersihkan sampah di TPS, pasar, jalan, dan taman-taman kota Bondowoso. Debu jalan, bau sampah yang membuat petugas sesak, para pemulung yang mengais rezeki untuk keluarganya.

“Mereka seperti kita. Mereka juga perlu dimanusiakan,” katanya sambil mengimbuhkan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Team Commando Pratiwi dalam memotivasi. “Agar mereka semangat, istiqomah, dan rajin dalam bekerja,” imbuhnya.

Setelah ditanya perihal mengenai pendanaan, ia mengatakan, bahwa pihaknya bersama team menghubungi para donatur yang dengan sukarela memberikan donasi untuk kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, donasi ada yang datang dari masyarakat Bondowoso, secara positif mengapresiasi kegiatan ini,” akunya.

Lebih jauh ia mengatakan, harapan kami kedepannya akan semakin banyak orang yang peduli terhadap sesama dengan melakukan hal-hal yang tampak kecil namun bermakna. Kepekaan sosial bisa diimplementasikan dalam berbagai bentuk. Menabung alias Menebar Nasi Bungkus adalah salah satunya.

“Kegiatan team ini tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, namun bermanfaat pula bagi diri sendiri. Setidaknya dunia kesehatan mengatakan, dalam sebuah penelitian disebutkan orang-orang yang meluangkan waktunya menjadi relawan akan mempunyai fungsi fisiologis tubuh yang menjadi lebih baik, awet muda, dan lebih sehat. Sebagian besar dari mereka sudah menjadi relawan sejak masih muda. Jadi, kesehatan yang mereka dapatkan salah satunya adalah akibat dari rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu orang lain,” pungkasnya. (latif)

The post Menerobos Gerimis Bagikan Nasi Bungkus appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Ratusan Kades di Bondowoso Protes dan Demo Pemkab

Pangdam V/Brawijaya Tanam Padi IDAMAN di Gresik

Dandim 0817/ Gresik dan Kapolres Gelar Pawai Keliling Juara AFF U-22

redaksi