Pancarkan.com
Peristiwa

Polda Jatim Rekrut Kacong-Cebbing Madura Jadi Duta Kamtibmas

SURABAYA, PETISI.CO – Menjelang Pemilu 2019, Polda Jawa Timur gencar menyuarakan gerakan lawan berita bohong atau Hoaks. Aksi nyata ditunjukkan dengan merekrut Kacong-Cebbing (Cak-Ning) Madura jadi duta Kamtibmas untuk anti-hoax.

“Kami berharap, para Kacong-Cebbing ini akan menjadi corong Polri melawan hoaks. Khususnya kalangan milenial yang merupakan pengguna gadget terbanyak,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat memperkenalkan para finalis Kacong-Chebbing Madura 2019 kepada para pejabat di rumah dinasnya, di Surabaya, Sabtu (30/3) malam.

Sebelumnya, pada Sabtu siang, Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah Jatim nonton bareng (Nobar) film “Pohon Terkenal” bersama Kacong Cebing Kapolda Cup 2019 di XXI Tunjungan Plaza 5, Sabtu (30/3/2019).

Acara nobar Film Pohon Terkenal yang mengisahkan tentang perjuangan para siswa Akpol ini, merupakan rangkaian road show Kacong Cebing di wilayah Surabaya yang sebelumnya melaksanakan kunjungan ke Mapolda Jatim, JTV, dan Jawa Pos.

“Mengajak Nobar dan kunjungan redaksi serta beberapa acara Kacong Cebing ini sebagai bentuk apresiasi dan sinergitas antara Polda Jatim dan generasi millenial yang nantinya mereka juga akan menjadi Duta Kamtibmas untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas di kalangan generasi millenial,” tambahnya.

Merujuk data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), pengguna internet di Indonesia mencapi sekitar 82 juta orang. Dari jumlah itu, 80 persennya adalah remaja berusia 15-19 tahun.

Sementara data hasil survei yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun lalu, sekitar 16,68 persen pengguna internet berusia 13-18 tahun, usia 19-34 tahun (49,52 persen), 35-54 tahun (29,55 persen), dan 54 tahun ke atas (4,24 persen).

Para Kacong-Cebbing ini, menurut Luki, nantinya bisa menjadi contoh bagi generasi milenial, khususnya di wilayah Madura. Ke depan, pihaknya juga akan mengadakan (merekut Cak-Ning) di daerah-daerah lain di Jatim. “Ini baru pertama kali ya,” ucapnya.

Para duta Kamtibmas ini akan menjadi pelopor dalam menangkal hoaks dengan mengedepankan saring sebelum sharing. “Serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di wilayah Jatim,” tegas jenderal polisi bintang dua ini.

Acara yang digelar di rumah dinas Kapolda Jatim ini, juga dihadiri artis Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, dan pejabat utama Polda beserta ibu-ibu Bhayangkari, Kapolres jajaran serta para Taruna-Taruni pemeran Film Pohon Terkenal. (bm)

The post Polda Jatim Rekrut Kacong-Cebbing Madura Jadi Duta Kamtibmas appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

MUI Kota Surabaya Jelaskan Peran Ulama Dalam Membangun Masyarakat

redaksipancarkan

Gedung Bagian Belakang SMKN 2 Situbondo Terbakar

Di Blitar Empat Petugas Pemilu 2019 Meninggal Dunia

redaksi