Pancarkan.com
Pemerintahan

Forkopimda Gresik Saksikan Pengambilan Sumpah Ribuan Anggota BPD

GRESIK, PETISI.CO – Pengambilan Sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa se Kab. Gresik sebanyak 2.160 orang, resmi diselenggarakan oleh Pemeritahan Kab. Gresik, disaksikan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Gresik, diantaranya, Bupati Gresik Ir. Dr. H. Sambari Halim Radianto ST, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf. Budi Handoko S.Sos dan Kapolres Gresik AKBP. Wahyu Sri Bintoro SH. S.I.K serta para pejabat lain diwilayah Kab. Gresik.

Bupati Gresik Ir. Dr. H. Sambari Halim Radianto ST, ingin agar para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra pemerintah Desa harus mampu membangun hubungan yang harmonis serta bekerjasama dalam pemerintahan di Desa.

Hal tersebut dikatakannya usai melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan 2.160 anggota BPD se Kabupaten Gresik, yang dilangsungkan di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Jl. Jaksa Agung Soeprapto Gresik, Jumat (1/3/2019).

Dalam sambutannya dihadapan ribuan anggota BPD bersama para Kepala Desa, Bupati Sambari juga menyampaikan agar BPD mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif dalam proses pembangunan di Desa.

“Kepada seluruh anggota BPD, kami ingin agar terjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah Desa, termasuk dengan Kepala Desa. Karena BPD juga merupakan bagian dari pemerintahan di Desa,” ujar Bupati Sambari.

Pengambilan Sumpah Ribuan Anggota BPD

Masih menurut Bupati, BPD juga harus melibatkan masyarakat dalam penyerapan aspirasi dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh serta penuh tanggungjawab sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dimana BPD mempunyai 3 fungsi menurut undang-undang, yakni bersama Kepala Desa menyusun Peraturan Desa (Perdes), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat sertya mengawasi kinerja Pemerintah Desa. Maka dari itu, saya ingin agar BPD mampu melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh,” tegas Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Gresik tersebut juga berpesan kepada Kepala Desa yang hadir, agar Kepala Desa dan BPD harus bersinergi.

“Kepala Desa dan BPD harus bersinergi, semua proses harus melibatkan BPD sebagai representasi perwakilan warga. Dalam  menjalankan pengelolaan anggaran terutama, semua Kepala Desa harus menyampaikan pertanggungjawaban secara akuntabel dan transparan,” imbuh Bupati Sambari.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim saat mendampingi Bupati Sambari juga meminta dukungan untuk menyukseskan kebijakan dan program-program di Kabupaten Gresik.

“Anggota BPD harus mampu menjadi tauladan yang baik bagi masyarakat. Tentu juga mendukung program-program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gresik yang bertujuan mensejahterakan masyarakat,” pungkas Wabup Qosim. (bah/pen)

 

The post Forkopimda Gresik Saksikan Pengambilan Sumpah Ribuan Anggota BPD appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Aplikasi SisKeuDes Online di Bondowoso Dilaunching Februari 2019

redaksi

Dalam Sehari, Gubernur Khofifah Kunjungi Tiga Kementrian

POLIWANGI Turut Promosikan Budara Banyuwangi Bersama Bupati di Malaysia

redaksi