Pancarkan.com
Pemerintahan

Bakorwil III Malang Sidak Lokasi JLS di Blitar Selatan

BLITAR, PETISI.CO – Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Banyuwagi tembus Jakarta yang melalui pesisir selatan hampir semua sudah dilaksanakan. Cuma,  Kabupaten Blitar yang kini tertinggal pelaksanaanya, padahal jalur ini yang diharapkan oleh masyarakat yang nantinya bisa mampu dan memperlancar perekonomian masyarakat.

Untuk merealisasi percepatan pelaksanaan pembangunan ini, Bakorwil Wilayah 3 Malang Provinsi Jawa Timur, mengadakan rapat bersama, guna menindaklanjuti intruksi Gubenur Jawa Timur, terkait pelaksanaanya.

Rapat Bersama ini dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar dan beberapa OPD yang lain, yang diadakan di ruang Candi Simping, Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro.

Kepala Bakorwil wilayah 3 Malang Drs Benny Sampirwanto MSi mengatakan, dalam kesempatan ini kita berkoordinasi.  Kabupaten Blitar jauh tertinggal dengan Kabupaten Pacitan, Malang dan daerah lainya.

Drs. Benny Sampirwanto, MSi (dok)

Menurut mantan Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jatim ini, pihaknya akan melaporkan hasil rakor dengan Pemkab Blitar ke Gubernur Jawa Timur. Hal ini dilakukan agar pembangunan proyek JLS di wilayah Kabupaten Blitar, menjadi perhatian dan prioritas untuk dimulainya pelaksanaan pembangunan.

“Hasil rakor ini akan kami sampaikan ke Gubenur, supaya lekas ditindaklanjuti ke pusat. Sehingga, pelaksanaan pembangunan segera dimulai,“ kata Benny.

Kepala Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar  Puguh Imam Susanto melalui Kabid Jalan Nanang Adi  mengatakan, secara teknis Kabupaten Blitar sudah sangat siap dalam pelaksanaan pembangunan JLS. Pemkab Blitar dalam hal ini sudah melakukan upaya pembebasan lahan.

Permasalahanya, Pemeritah Pusat belum memberikan petunjuk teknis sampai hari ini, lahan seluas 110 hektar milik Perhutani sudah dapat kita selesaikan.

“Terkait pendukung JLS, kita sudah membangun juga 6 jembatan di Kecamatan Wates dari total keseluruhan 22 jembatan. Sedangkan tahun ini kita memfokuskan jalur Pantai Serang hingga Pantai Tambakrejo,” jelas Nanang.

Lebih lanjut Nanang menambahkan, untuk pelaksanaan proyek JLS di Kabupaten Blitar Pemerintah Pusat mengucurkan dana sebesar Rp 456 milyar. Namun demikian, sejauh ini untuk pelaksanaan, Pemkab Blitar masih menunggu pemerintah pusat.

Perlu diketahui, pelaksanaan proyek JLS ini dilaksanakan secara multiyears. Tahun ini akan dipergunakan untuk pembangunan jalan sejauh 12,85 Km. “Sesuai rencana, kita pusatkan mulai Pantai Serang sampai Pantai Tambakrejo,“  imbuh Nanang.

Adapun rangkaian acara Bakorwil III Malang selain mengadakan rakor, didalam kesempatanya, juga sidak ke lokasi pembangunan JLS di Blitar Selatan. Bersama rombonganya, sidak dipusatkan di Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar untuk mengetahui secara langsung kondisi dan situasi sampai sekarang ini.(min)

The post Bakorwil III Malang Sidak Lokasi JLS di Blitar Selatan appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Kabupaten Sinjai Favorit Program Internsip Dokter Indonesia

Wabup Mojokerto Serahkan SK Kenaikan Pangkat 832 Orang PNS

redaksi

Sinergitas Kantor Imigrasi Kelas ll Madiun dengan Pemkab Ngawi

redaksi