Pancarkan.com
Peristiwa

Pelantikan Pengurus Mabicab Kwarcab Gerakan Pramuka Bondowoso

BONDOWOSO, PETISI.CO – Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso,  Masa Bhakti 2018 – 2023 resmi dilantik.

Kepengurusan tersebut dilantik Wakil Ketua Kwarda Jawa Timur, AR Purwadi, Jum’at (15/2/2019) di Pendopo Kabupaten.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah ikrar dan naskah pelantikan dan dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan Ka Mabicab oleh Wakil Ka Kwarda Jatim.

Berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Jatim,  tentang Susunan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka tersebut, Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, sebagai Ketua Mabicab.

Sementara Wakil Bupati (Wabup), Irwan Bachtiar Rahmat,  sebagai Ketua Kwarcab Bondowoso, dan Pj. Sekda Bondowoso, Agung Tri Handono, sebagai wakil ketua sekaligus ketua harian.

Usai dilantik, orang nomor satu di Bondowoso itu,  dalam sambutannya, menerangkan, bahwa tantangan kepengurusan Pramuka ini, memiliki tantangan yang sangat berat. Dalam hal ini, mengingat kondisi generasi muda saat ini cenderung melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat.

“Seperti halnya, penyalahgunaan obat, perkelahian, penurunan kepatuhan pada masalah hukum, serta kekerasan. Tentunya, ini jadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Salwa dihadapan pengurus Pramuka se-kabupaten Bondowoso.

Dengan kondisi seperti ini, lanjut dia, kami mengajak kepada seluruh pengurus Pramuka, untuk mengarahkan gerakan Pramuka ini berbagai program pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan, serta kerja bakti untuk membantu masyarakat.

“Gerakan Pramuka merupakan pada jalur pendidikan non formal. Bahkan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan. Gerakan ini, bertujuan untuk menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti,” katanya.

Sementara,  AR Purmadi, yang disebut wakil ketua Kwarda Jatim, menyebutkan, Bondowoso dijadikan tonggak masa Bhakti antara majelis pimpinan cabang dan ketua Kwarcab, sudah berhasil. Hal ini, dijadikan sebagai pedoman bagi Kwarcab se-Jawa Timur, agar mulai menyamakan masa bhakti.

“Barangkali ini sejalan dengan program pemerintah, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, nantinya masa Bhaktinya bisa seiring. Sebab, selama ini, kadang selisih 2-3 tahun,” ungkapnya.

Ia juga  berharap,  kepada seluruh pengurus Kwarcab,  dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,  sehingga Kwarcab Bondowoso, lebih baik lagi dari tahun lalu. Selain itu kepada seluruh pengurus dan anggota Pramuka pada umumnya diharapkan mereka dapat menjadi humas atau penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat luas.

“Misalnya yang berkaitan dengan kebijakan atau sekedar informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” pungkasnya.(latif)

The post Pelantikan Pengurus Mabicab Kwarcab Gerakan Pramuka Bondowoso appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Adu Moncong, Pemotor Asal Bojonegoro Tewas

Masyarakat Pakal Antusias Hadiri Vaksinasi Massal

Babinsa Kutogirang Dampingi Petani Rawat Padi

redaksi