Pancarkan.com
Peristiwa

Klinik Graha Amani Sidoarjo dan Rumah Zakat Surabaya Bahagiakan Kaum Lansia

SURABAYA, PETISI.CO – Ketika seseorang mencapai usia lanjut, dan anak-anak sudah membentuk keluarga sendiri, lepaslah tanggung jawabnya pada mereka, dan ia kembali lebih bebas merdeka seperti pada saat-saat permulaan perkawinannya.

Kewajiban mengasuh, membiayai, mendidik dan mengawasi anak-anak tidak lagi dilakukan. Tetapi pada saat kebebasan diperoleh, ia telah berada pada kondisi kemunduran fisik biologis dan psikologis, serta hilangnya anak-anak dari rumah.

Keberadaan lansia seringkali dipersepsikan secara negatif dan keliru, dimana lansia dianggap sebagai beban keluarga maupun masyarakat sekitarnya. Hal ini muncul karena melihat dari kasuistik terhadap lansia (jompo) yang hidupnya sangat tergantung kepada orang.

Semakin menuanya umur seseorang maka mereka semakin membutuhkan tempat untuk berlindung dan mendapatkan kasih sayang terutama dari keluarga. Tetapi dalam kenyataannya banyak lansia yang yang dititipkan oleh keluarga ke panti-panti sosial, dan bahkan ada diantara mereka yang terlantar. Inilah yang terjadi di sekitar kita permasalahan yang sering kita lihat banyak orang tua yang renta sengaja ditinggalkan oleh keluarganya hidup sebatang kara di tempat-tempat yang tidak layak huni.

Melihat kondisi permasalahan lansia yang ada selama ini, dan sebagai wujud kepedulian kepada kehidupan kaum lansia, Klinik Graha Amani Sidoarjo dan Rumah Zakat Surabaya bersinergi dalam program santunan keluarga jompo.

Implementasi programnya berada di daerah sekitar lingkungan Klinik Graha Amani Sidoarjo tepatnya di Dusun Bringin Kulon, Desa Bringin Bendo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Bantuan yang diberikan dalam bentuk berupa santunan sejumlah dana dan paket sembako.

Selain santunan untuk lansia, Klinik Graha Amani Sidoarjo dan Rumah Zakat Surabaya juga memberikan santunan kepada anak yatim. Program yang sudah berjalan sekitar setahun ini dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 7 lansia dan 3 anak yatim.

“Semoga batuan yang diberikan oleh Klinik Graha Amani dengan melalui Rumah Zakat ini bisa bermanfaat,” jelas Cahyo selaku tim penyaluran. (*/cah)

Related posts

Dinkes Pemkab Bondowoso Kesulitan Rubah Prilaku Masyarakat BABS di Sungai

redaksi

Peduli Wilayah Binaan, Koramil Pungging Lakukan Karya Bakti

redaksi

Persiapan Harlah dan Konferwil, GP Ansor Jatim Gelar Rakorwil

redaksi