Pancarkan.com
Pemerintahan

Peduli Pendidikan, Pemkab Bondowoso Beri Beasiswa 312 Mahasiswa

BONDOWOSO, PETISI.CO – Sebanyak 312 mahasiswa di Kabupaten Bondowoso, mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Daerah setempat, Jum’at (30/11/2018) di Pendopo Bupati.

Beasiswa tersebut, adalah beasiswa Afirmasi untuk 162 mahasiswa dan beasiswa Reguler diberikan kepada 152 orang, dengan total anggaran sekitar Rp. 789 juta.

Didalam sambutannya, Bupati Bondowoso Salwa Arifin memaparkan, pendidikan merupakan penopang dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk membangun bangsa. “Pendidikan salah satu amanah Undang-Undang Dasar (UUD), yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Tak hanya itu, yang disampaikan Bupati Salwa, menurutnya, salah satu dari kebijakan pokok dibidang pendidikan adalah pemerataan dan memperluas akses pendidikan. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga negara Indonesia untuk mengenyam pendidikan.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, pada tahun ini, kembali mengalokasikan sebagian dari Anggaran Belanja Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk beasiswa kepada para mahasiswa asli masyarakat Bondowoso, yang telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri,” kata orang nomor satu di Bondowoso itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Bondowoso, Endang Hardiyanti, mengungkapkan, bahwa beasiswa afirmasi ini memasuki tahun ke empat. “Mahasiswa yang mendapatkan dari tahun 2015, tetap mendapatkan sampai pada tahun 2018 ini,” tandasnya.

Di samping itu, ia juga menyebutkan, beasiswa Afirmasi ini khusus hanya diberikan pada mahasiswa asli Bondowoso yang kuliah di Universitas Jember. Alasannya, karena ini sesuai dengan kerjasama Pemkab Bondowoso dengan Universitas Negeri Jember.

“Untuk afirmasi  yang kuliah di Unej Jember 17 orang, sisanya 33 adalah mahasiswa Unej kampus Bondowoso. Jadi lebih banyak anak Unej yang kuliah di Bondowoso,” centusnya.

Sementara, lanjut Endang, pemberian beasiswa mahasiswa reguler, dilaksanakan secara kompetitif. Dengan kuota setiap tahunnya, 150 mahasiswa. Karena sifatnya kompetitif, maka belum tentu yang mendapatkan tahun 2017, mendapatkan lagi di tahun berikutnya.

“Penerima beasiswa reguler terbanyak tahun ini, dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember,  ialah 110 orang. Sisanya tersebar di Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia,” katanya.

Seraya menambahkan, bahwa yang menerima tahun ini, 150 orang dari total pemohon 354 mahasiswa yang tersebar di seluruh 11 Perguruan Tinggi negeri di Indonesia.(suniman)

Related posts

Sekda Jombang Tempati Rumah Dinas

redaksi

APBD Kuansing 2019 Sah, Dewan Tolak Rekrut 2.000 Tenaga Honorer

redaksi

Bupati Bondowoso Diminta Pikirkan Jalan Padas Menuju Desa Lanas