Pancarkan.com
Parlemen

Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso Desak Pemda Segera Putuskan Jadwal Pilkades 2021

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso Ady Kriesna

Bondowoso, Pancarkan.com – Terkait kontroversi pernyataan dua kubu Kades, mengenai  jadwal Pilkades 2021, Ketua Komisi IV yang baru dilantik pada Sabtu (9/1/2021) sebagai Ketua DPD Partai Golkar Bondowoso mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Bondowoso segera memutuskan Pilkades akan digelar bulan  apa pada 2021 ini.

Ini penting agar masyarakat di 171 desa tidak gamang dan Cakades mendapatkan kepastian serta biaya Pilkades bisa dianggarkan secara presisif dalam pembahasan APBD.

Disamping itu, Pemerintah Daerah harus membuat rule of the games (Pilkada dalam era new normal) sesuai protokol kesehatan dengan merubah Perbup No. 39/2017.

Jangan sampai Pilkades 2021 menimbulkan residu hukum dikemudian hari dan menciptakan cluster Covid -19 baru.

Dari Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, sudah clear bahwa Pilkades serentak dilaksanakan secara bersama – sama, pada hari yang sama dalam wilayah kabupaten.

Hal tersebut sudah jelas, sebagaimana UU No.6/2014 Pasal 31, PP.43/2017 Pasal 40, Perda No.5 2014 dan Perbub No.39/2017 Pasal 3.

Isu dan kabar jadwal pelaksanaan Pilkades yang beredar tersebut hanya informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,  karena sampai saat ini, Pemerintah Daerah Bondowoso belum berikan keputusan.

Terbukti Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Ady Kriesna mendesak Pemerintah Daerah untuk segera memberikan keputusan jadwal Pilkades 2021 dalam situasi Pandemi covid-19.(cipto)

Related posts

Hearing dengan DPRD Bondowoso, 151 Kades Minta Kepastian Jadwal Pilkades

redaksipancarkan

Kelana: Caleg Hanura Wajib Turun Langsung ke Masyarakat

redaksi

Mahasiswa Cipayung Plus Ditemui Ketua DPRD Surabaya, Sampaikan Komitmen Kawal Pemilu Damai