Dampak Pasar Rakyat Jebung Kidul, Harga Tanah Meningkat

120 views

Bondowoso, Pancarkan.com – Keberadaan pasar rakyat di Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari yang kini sedang dalam proses dikerjakan, diperkirakan akan berdampak besar bagi masyarakat setempat.

Seperti saat sekarang ini, harga tanah di sekitar lokasi pasar yang dibangun, harga tanah di sekitar pasar per meternya naik hingga 50%. Yang semula per meter Rp 50 ribu, kini jadi Rp.100 Ribu.

Pasar ini direncanakan akan jadi transit pedagang sayuran, seperti dari Kecamatan Sempol/Ijen dan lainnya, bahkan target perekonomian akan berputar di Desa Jebung Kidul, sehingga nantinya secara ekonomis pasar ini jadi sentral pasar, seperti di pasar Induk Bondowoso.

Saat ini  yang dibangun 7 kios toko dan sebuah gedung usaha mikro. Namun rencananya akan menambah bangunan kios rolling dor sebanyak 20 unit, 1 gudang, dan 1 musholla.

Harga sewa dan pengelolaan pasar rakyat ini, Kades Jebung Kidul Ali Samsidi mengatakan, pengelolaan pasar rakyat ini sudah diserahkan kepada Bumdes dan untuk harga sewa kiosnya direncanakan Rp. 1,5 Juta melalui musyawarah. “Kebetulan sudah ada 5 kios kini sudah sepakat disewa,”  ujarnya.

Dipastikan dari sisi mamfaat adanya pasar rakyat Jebung Kidul ini, akan berfampak positif bagi para warga yang ingin membuka usaha di tempat ini. Dimana kios nantinya meliputi usaha seperti usaha peralatan elektro, sembako, ikan, daging, dan lainnya, sedang gedung mikro ini khusus untuk pedagang sayur dan semacamnya.*

Reporter : Cipto