Koarmada II Dukung Sinergitas TNI-Polri di Wilayah Kogartap III/Surabaya

49 views

Surabaya, Pancarkan.com – Komando Armada II siap mendukung  segala upaya guna memelihara dan meningkatkan sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri khususnya di wilayah Kogartap III Surabaya, sehingga mampu menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, saat menghadiri Apel Gabungan TNI-Polri TW. IV TA. 2019 wilayah Kogartap III/Surabaya, yang dipimpin langsung oleh Komandan Gartap III/Surabaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi di Lapangan Makodam V Brawijaya, Kamis (28/11/2019).

Lebih dari 1.500 prajurit TNI dan anggota Polri mengikuti apel gabungan, yang juga dihadiri oleh segenap pimpinan kotama TNI AL diwilayah Surabaya. Diantaranya, Komandan Kodiklatal, Gubernur AAL, Komandan Lantamal V, Kadispsial, Komandan STTAL, Karumkital dr. Ramelan, Komandan Pasmar 2 , Danpuspenerbal serta Danguspurla Koarmada II.

Sedangkan dari kotama TNI dan Polri tampak terlihat Pangdivif 2 Kostrad, Kapolda Jatim, Danlanud Abdulrachman Saleh, serta Kasgartap III/Sby.

Dalam amanatnya kepada seluruh peserta apel, Dangartap III/Surabaya, mengatakan, bahwa apel gabungan ini memiliki makna dan nilai strategis dalam rangka meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI dan Polri, guna menyamakan pola sikap dan pola tindak untuk menghadapi segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara, sehingga tercipta rasa aman, damai, tertib dan kondusif.

Selain penting dalam menghadapi beragam ancaman yang dihadapi oleh Indonesia, seperti terorisme, makar, radikalisme, SARA, peredaran narkoba, pemberontakan separatisme dan lain-lain.

“Oleh karena itu TNI-Polri sebagai pilar utama pertahanan dan keamanan negara, harus selalu bersinergi bersama dengan komponen bangsa lainnya dalam menghadapi segala macam ancaman, guna mewujudkan keamanan, ketertiban, keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tegas Dangartap III/Surabaya yang juga selaku Pangdam V/Brawijaya ini.

Sementara itu, menanggapi arahan dari Dangartap III/Surabaya, Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, mengungkapkan, jika TNI AL dalam hal ini Koarmada II siap mendukung segala kebijakan yang dikeluarkan oleh Pimpinan TNI, untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan yang mampu memecah belah NKRI.

“Koarmada II dan jajarannya siap untuk mendukung apa yang disampaikan oleh Dangartap III/Surabaya, terkait upaya memelihara dan meningkatkan sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri di wilayah Kogartap III Surabaya khususnya. Hal ini  selain untuk menciptakan situasi Jawa Timur yang aman dan kondusif, juga memperkuat pertahanan menghadapi banyaknya ancaman terhadap keutuhan NKRI,” ungkap Heru, orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Heru juga menambahkan, prajurit dan PNS Koarmada II siap melaksanakan penekanan Dangartap III/Surabaya, diantaranya mengenai penggunaan media sosial secara bijak agar terhindar dari hal-hal yang melanggar Undang-Undang ITE, serta meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan, guna menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan secara terpadu.

“Sehingga TNI-Polri dapat lebih dipercaya dan dicintai rakyat,” ujar Pangkoarmada II.*

(Bachtiar)