Pancarkan.com
Gaya Hidup

Wagub Emil Ajak Generasi Muda Madura Fokus Jadi Profesional

Pamekasan, Pancarkan.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak generasi muda Madura untuk fokus menjadi profesional di era milenial. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi menghadapi kebingungan mereka memasuki dunia kerja.

“Harus fokus, inilah yang kita sebut menjadi profesional di era milenial,” kata Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat memberikan sambutan di acara sosialisasi Milenial Job Center (MJC) dihadapan ratusan siswa SMK dan generasi muda Madura di aula Bakorwil IV Pamekasan Jl. Slamet Riadi No.1, Kabupaten Pamekasan, Senin (25/11/2019).

Wagub Emil menyampaikan, saat ini banyak hal yang mempengaruhi masa depan, salah satunya adalah perubahan besar di bidang teknologi. Dan hal itu mampu menggeser banyak hal, dari yang semula konvensional dan manual menjadi berbasis digital.

“Maka kita harus berubah, sekarang dunianya berubah, artinya apa untuk bisa jualan misalnya, kita harus menggunakan marketing atau pemasaran digital,” ujarnya

Masih menurut Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim, saat ini semua aspek berbasis digital. Oleh sebab itu pekerjaan yang punya banyak peluang ada di bidang ekonomi kreatif dengan konsep freelance atau bekerja lepas. Untuk itu, ia mengajak semua generasi muda setelah mengejar pendiidkan harus berorientasi untuk mencari client dan bukan mencari pekerjaan.

“Inilah tren masa depan, tidak di semua hal tapi saat ini banyak profesi ini, dan ini dibutuhkan,” imbuhnya.

Wakil gubernur yang pernah menjabat sebagai Chief Business Development and Communication sekaligus Executive Vice President (VP) di PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) ini mengungkapkan bahwa pekerjaan di bidang ekonomi kreatif seperti desain grafis, programmer dan lainnya yang bersifat freelance jarang sekali ada lowongannya di perusahaan-perusahaan. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan menilai bahwa kebutuhan di bidang tersebut tidak setiap saat harus terpenuhi.

“Jadi perusahaan tidak setiap hari butuh orang untuk buat grafik desain, atau web, mungkin sebulan sekali, dua bulan sekali diupdate,” ungkapnya.

Untuk menjembatani antara generasi milenial yang berbakat di bidang ekonomi kreatif (talent) dan perusahaan yang membutuhkan sumber daya di bidang tersebut (client), Pemprov Jatim melalui program MJC akan memberikan pendampingan mentor untuk membimbing dan melatih hingga mandiri.

“Maka ini akan kita dorong, satu, clientnya percaya dengan talenta, dua, talentanya juga bisa belajar mengembangkan diri, inilah yang disebut sebagai milenial job center,” pungkasnya.(hms)

Related posts

Festival Lintas Kali Ngrowo Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan Masuk Tulungagung

redaksi

Polresta Dan DP3 Sidoarjo Gelar Operasi RPH Illegal

redaksi

Pantai Utama Raya Situbondo Memiliki Pesona Daya Tarik Wisatawan