Dankolat Koarmada II Pimpin Upacara Penutupan Kursus Komandan Pangkalan TNI AL

126 views

Surabaya, Pancarkan.com – Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Friche Flack, resmi memimpin upacara penutupan Kursus Komandan Pangkalan TNI AL. TA. 2019, yang bertempat di Komando Latihan (Kolat) Koarmada II, Rabu (20/11/2019).

Dalam amanatnya Dankolat Kolatkoarmada II, mengatakan, keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya yang tersedia dihadapkan dengan luas laut Yuridiksi Nasional Indonesia. Serta kompleknya permasalahan keamanan laut di Indonesia, memerlukan upaya yang sungguh-sungguh dengan melibatkan segenap komponen bangsa untuk bahu membahu, dan bekerjasama melakukan pembenahan-pembenahan dibidang pembinaan sumber daya manusia.

Selain itu, penyiapan dan pengadaan sarana prasarana untuk melaksanakan operasi keamanan laut beserta sistem dukungan logistiknya, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya sinkronisasi keterpaduan diantara unsur-unsur aparat yang mempunyai tugas di laut melalui koordinasi yang erat, untuk meminimalisir adanya kesalah pahaman dilapangan, mengingat masih tumpang tindihnya peraturan perundang-undangan yang mengatur kewenangan berbagai instansi yang bertanggung jawab atas keamanan di laut.

“Saya berharap kepada para peserta kursus yang kurang lebih selama lima minggu, mengikuti Kurus Komandan Pangkalan TNI AL di Koalt Koarmada II, telah mendapat bekal berbagai macam materi pelajaran berupa teori maupun praktek. Serta berbagai macam permasalahan dan temuan-temuan, yang berhubungan dengan pangkalan yang telah disampaikan oleh para instruktur,” tutur Kolonel Laut (P) Friche Flack.

Terlebih lagi, lanjut Dankolat, para peserta kursus yang telah melaksanakan study lapangan ke Lanal Tegal. Hal ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat dijadikan suatu modal dasar dan referensi, saat saudara mendapatkan tugas sebagai Komandan Pangkalan dimanapun berada.

“Saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas segala bantuan dan sumbangsih sehingga kursus Komandan Pangkalan TNI AL dapat berjalan lancar sesuai yang kita harapkan,“ pungkas Dankolat Kolatkoarmada II Kolonel Laut (P) Friche Flack.

Hadir dalam acara tersebut, Aspers Pangkoarmada II, Kadisminperskoarmada II, Kasubdisdiklat Disminpers Koarmada II, Pasmin Satsel, Satkat dan Satban Koarmada II.*

(Bachtiar)