Cipkon Gabungan Bersama Dispenda, Tindak 41 Pelanggar

42 views

Surabaya, Pancarkan.comPolsek Tandes Polrestabes Surabaya, menggelar giat rutin Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) guna menertibkan para pengguna jalan dan menekan angka kecelakaan serta kriminalitas tindak kejahatan 3C (Curat, Curas, Curanmor), diwilayah hukum Polsek Tandes. Razia dilaksanakan di jalan raya Tandes, tepatnya di depan Pos Lantas 902 Polsek Tandes, Senin (4/11/2019) pukul 09.30 hingga 10.30 wib.

Cipkon kali ini bukan hanya dari anggota Polisi saja melainkan bersama dengan petugas dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) kota Surabaya, Operasi Cipta Kondisi gabungan tersebut dipimpin oleh Kanit Lantas Polsek Tandes AKP. Didik Sulistiyo SH, didampingi Kapolsek Tandes Kompol Kusminto SH, Wakapolsek Tandes AKP. Warno, beserta anggotanya dengan kuat 21 personil Polisi dan 12 orang petugas Dispenda.

Dalam razia cipta kondisi tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat, diantaranya, STNK, SIM dan juga Pajak kendaraan. Selain itu, pada operasi itu juga dilakukan penggeledahan terhadap barang dan pengendaranya, terkait handak, sajam, narkoba, senpi, dan obat obatan terlarang.

Kanitlantas Polsek Tandes AKP. Didik Sulistiyo SH, mengatakan, bahwa operasi tersebut rutin dilaksanakan, hal tersebut bertujuan guna menertibkan pengguna jalan dan menekan angka kecelakaan, serta mengantisipasi pelaku tindak kejahatan di jalan raya.

Sementara, Kapolsek Tandes Kompol H. Kusminto SH, menjelaskan, digelarnya Operasi Cipta Kondisi ini juga dengan sasaran 3C, Curas, Curat dan Curanmor juga kejahatan lainnya.

“Oleh sebab itu, operasi cipkon ini lebih mengedepankan tindakan yang juga perlu dilakukan, agar terciptanya situasi aman, nyaman dan kondusif bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kapolsek, pelaksanakan operasi cipkon gabungan bersama Dispenda, guna mengantisipasi adanya pelanggar pajak. Selain itu kita perintahkan juga kepada anggota untuk pemeriksaan kendaraan beserta barang – barang yang dibawanya, dengan sasaran menantisipasi adanya, Handak, Sajam, Senpi, Narkoba dan Obat – obatan terlarang.

“Dengan digelarnya cipkon secara rutin ini diharapkan masyarakat pengendara dapat tertib dalam berlalulintas, dengan mentaati aturan rambu rambu, menggunakan helem, melengkapi surat – surat kendaraan dan kelengkapan pada kendaraannya,” himbau Kompol Kusminto.

Pada operasi cipkon tersebut, petugas berhasil menjaring 41 pelanggar, sementara untuk teguran dari pihak Dispenda kepada pelanggar pajak sebanyak 71 surat. Operasi cipkon gabungan yang digelar selama satu jam tersebut berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif, dan tidak ada kejadian yang menonjol selama operasi berjalan, untuk pelanggaran lainnya tidak ditemukan.*

Reporter:  Bachtiar