Ratusan Kades di Bondowoso Protes dan Demo Pemkab

49 views

Ratusan Kades saat menggelar demo

Bondowoso, Pancarkan.com – Ratusan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Bondowoso lakukan aksi demo di depan gedung Pemkab Bondowoso sebagai bentuk kekecewaan atas pernyataan Plt Kepala Dinas BKD Bondowoso Ahmad Prayitno yang menyatakan bahwa Pemerintahan Desa bukan sebuah lembaga pemerintah.

Kordinator aksi, Kepala Desa Cermee Sutrisno menyampaikan,   pihaknya senasib seperjuangan, kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa se Kabupaten Bondowoso.

“Kita hadir di depan kantor Pemkab ini, tidak ditungangi politik, tidak ditungangi siapapun, ini lahir dari hati nurani kami, karena kami merasa dicabik-cabik dan disakiti,” ujarnya.

Mereka meminta klarifikasi dari pejabat Plt BKD yang memberikan pernyataan yang sangat menyakitkan dan menyesatkan buat  para kades, dimana Plt BKD menyebut bahwa  kades pemerintahan desa bukan bagian dari pemerintahan.

“Kalau bukan bagian dari pemerintahan Kabupaten Bondowoso, apa gunanya kita pakai seragam seperti ini, apa gunanya papan nama di setiap balai desa tercantum Kabupaten Bondowoso, Kecamatan Cermee, Desa Cermee, saya rasa tidak perlu dipasang lagi dan kami sangat berat jika pemerintahan desa dinaifkan oleh pemerintahan Kabupaten Bondowoso,” tegas Kades Cermee.

Setelah menyampaikan orasinya, para Kades dan perangkar desa Se Kabupaten Bondowoso melanjutkan aksinya hingga ke Gedung DPRD Kabupaten Bondowoso untuk mengklarifikasi status lembaga pemerintahan desa yang dianggap bukan bagian Pemerintahan.*

Reporter : Cipto