Disdikbud Gelar Seni Budaya ‘Bondowoso Megalitikum’

75 views

Bupati Bondowoso saat pembukaan Pagelaran Budaya Bondowoso Megalitikum

Bondowoso, Pancarkan.com – Bertempat di alun-alun Ki Bagus Asra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso menggelar pagelaran budaya Bondowoso Megalitikum yang dibuka langsung Bupati KH Salwa Arifin, Jumat malam (27/09/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Sinung Sudrajad,  para Pejabat dan Kepala OPD Pemkab, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Bank Jatim, dan ribuan masyarakat Bondowoso.

Kepala Disdikbud Bondowoso, sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara, Drs.H Harimas mengatakan, tujuan diselenggarakannya pagelaran budaya Bondowoso megalitikum, agar masyarakat umum, mengetahui dan memahami bahwa Bondowoso sebagai daerah yang kaya akan khasanah seni budaya lokal dan layak disajikan secara global.

“Ini pula sebagai ajang menggali potensi dari talenta muda untuk menampilkan keahlian, bakat dan minat terhadap seni budaya tradisional di kabupaten Bondowoso,” kata Harimas.

Menurut Harimas, even gelar budaya megalitikum ini memiliki konsep yang berbeda dengan seni pertunjukan yang pernah ada di Bondowoso sebelumnya. Sebab kegiatan ini merupakan suatu kolaborasi seni budaya asli dengan seni budaya modern yang diharapkan mampu menyuguhkan tampilan seni yang bernilai tinggi yang layak untuk ditonton masyarakat dari segala segmen.

“Tentunya, even kali ini akan memberikan kesan tersendiri bagi pecinta seni dan budaya.  masyarakat Bondowoso diharapkan, bukan hanya sebagai penikmat akan tetapi mampu menjadi magnit  dan  pelaku seni sehingga bisa mendatangkan wisatawan dari luar Bondowoso,” ujarnya.*

Reporter: Bambang Hendro