Operasi Patuh Semeru 2019 Polsek Lakarsantri Tindak 51 Pelanggar

66 views

Operasi Patuh Semeru 2019 Polsek Lakarsantri

Surabaya, Pancarkan.comOperasi Patuh Semeru 2019 masih terus berlangsung, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya dan juga menekan angka pelanggaran lalu lintas.

Kali ini Operasi Patuh 2019 dilakukan oleh anggota Polsek Lakarsantri Polrestabes Surabaya. Kegiatan operasi tersebut dipimpin Kanit Lantas AKP. Khoirul, didampingi Kapolsek Lakarsantri AKP. Palma, Wakapolsek AKP. Adjid, Kanit Binmas, dengan kuat 15 orang personil, operasi dilaksanakan di Jl. Raya Citraland, tepatnya jalan yang menuju kearah Made dan Lakarsantri Surabaya, Jumat (6/9/2019) pukul 10.00 hingga 11.00 wib.

Operasi Patuh 2019 tersebut digelar oleh Kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia. Karena operasi Patuh adalah aksi simpatik yang dilalukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas, yaitu tujuannya adalah untuk memperlancar arus lalu lintas dan juga untuk menurunkan angka kecelakaan.

Selain itu, tujuan utamanya operasi tersebut untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Jika pelanggarannya berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat. Operasi digelar mulai 29 Agustus – 11 September 2019. Demi menurunkan pelanggaran lalu lintas, dan melalukan tindakan preventif sedini mungkin, persuasif dan penegakan hukum pengendara kendaraan bermotor agar disiplin, tertib dan safety.

Sasarannya adalah pengendara yang melawan arus, plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tidak memakai helm, batas kecepatan, melawan arus, pengendara dibawah umur, memakai HP pada saat berkendara, dalam pengaruh alkohol dan lainnya.

Kapolsek Lakarsantri AKP. Palma, dilokasi operasi mengatakan, bahwa operasi ini rutin digelar, hal tersebut guna penegakan disiplin terhadap para pengendara pada saat berlalulintas.

“Saat ini masih berlangsung operasi patuh, yang mana dalam operasi tersebut fokus di 8 jenis pelanggaran, karena terjadinya kecelakaan di mulai dari pelanggaran yang dilakukan,” ungkap Kapolsek

Saya berharap, lanjut Kapolsek, dengan di gelarnya operasi Patuh ini masyarakat bisa taat pada aturan dan tertib berlalulintas pada saat berkendara.

“Sehingga masyarakat pengendara dapat saling menjaga, baik untuk keselamatan diri sendiri dan juga orang lain, semoga operasi Patuh ini bisa menekan pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan,” tutur AKP. Palma

Operasi yang digelar oleh jajaran Polsek Lakarsantri selama satu jam tersebut berjalan aman dan lancar, dengan memeriksa 243 kendaraan roda dua dan 13 kendaraan roda empat, dari kegiatan tersebut Polsek Lakarsantri berhasil menjaring 51 pelanggar dengan sangsi tilang, yang didominasi tidak memiliki SIM, tidak menggunakan helem, dan tanpa dilengkapi surat surat.*

Reporter :  Bachtiar

Polsek Lakarsantri