Pancarkan.com
Peristiwa

Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latihan Gabungan TNI Tri Dharma Yudha 2019

Dihelat di Dermaga Madura Ujung

Surabaya, Pancarkan.comKepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P, pimpin langsung Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latihan Gabungan TNI Tri Dharma Yudha 2019, yang dihelat di Dermaga Madura Ujung, Koarmada II, Kamis (5/9/2019).

Latihan gabungan tersebut merupakan latihan guna menguji kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan kampanye militer, dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang dapat terjadi. Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Pimpinan Apel.

Karena itu latihan gabungan (Latgab) kali ini mengusung tema “Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

“Tema ini sangat tepat karena TNI senantiasa dituntut untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya, dihadapkan pada tuntutan interoperabilitas yang semakin tinggi,” tandas Panglima TNI.

Lebih lanjut orang nomor satu di TNI ini menambahkan, bahwa interoperabilitas seluruh aspek operasi merupakan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan gabungan ini, terlebih TNI saat ini terus memodernisasi alutsista secara bertahap.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P, menekankan agar semua unsur pimpinan mampu untuk melaksanakan perannya dengan baik, mengadakan evaluasi secara menyeluruh dan komprehensif bagi kemajuan TNI.

“Begitu halnya kepada prajurit TNI yang terlibat Latgab TNI Tri Dharma Yudha 2019, diharapkan dapat melaksanakan latihan dengan maksimal dan dengan penuh keseriusan sesuai tugas dan peran yang diemban,” tegasnya.

Sementara itu sekitar 1.500 prajurit TNI terlibat dalam apel gelar kesiapan, yang terdiri dari pasukan khusus TNI seperti Den Jaka, Den Bravo, Kopaska, Kopaskhas, dan Marinir. Juga tergabung dalam pasukan Komando Tugas Gabungan, serta awak kapal.

Selain pasukan, ikut digelar juga ratusan alutsista yang terdiri dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara (Pesud) dan Helikopter, serta material tempur lainnya seperti tank, kendaraan taktis, meriam, roket yang dikerahkan oleh masing –masing angkatan untuk turut mensukseskan Latgab TNI Tri Dharma Yudha 2019.

Menurut rencana serangkaian serial latihan akan dilaksanakan mulai tanggal 9 September 2019, hingga puncak pelaksanaan pada tanggal 12 September 2019 di Banongan Situbondo Jawa Timur, yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019, juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE, MM dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE, MM, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto S.Sos, M.Si dan sejumlah pejabat TNI lainnya.*

Bachtiar

Related posts

Kapolsek Pakal Kompol Bambang Ajak Warga PBI Jaga Kamtibmas

Bupati Faida Berharap UMKM Perempuan Jadi Pilar Ekonomi Kerakyatan

redaksi

Koarmada II Gelar Gladi Bersih Hari Armada RI 2019