Curi Kotak Amal, Warga Tangsil Wetan Masuk Penjara

1877 views

Tersangka dan barang bukti

Bondowoso, Pancarkan.com – Sujai alias Angga (46), warga Dusun Sumber Walut RT.21 RW.06 Desa Tangsil Wetan pelaku pencuri kotak amal milik takmir l Masjid Al Baqarah Desa Klampokan, berhasil ditangkap  Unit Reskrim Polsek Klabang, anggota SPKT, dan Kapolsek Klabang di Desa Klampokan saat berada di rumah warga, Selasa (3/9/2019).

Rabu (4/9/2019), Kapolsek Klabang, Iptu Didik Setiawan,SH melalui Aipda Darweis Napitupulu, SH menjelaskan kronologis penangkapan pelaku.  Awalnya pada Sabtu (30/8/2019) kotak amal masjid milik takmir Masjid Al Bakarah Desa Klampokan Kecamatan Klabang, sekitar Pukul 10.30 WIB hilang yang berisi uang.

Untuk mengetahui hilangnya kotak amal, pengurus takmir kemudian melihat hasil rekaman CCTV dan dari rekaman itulah takmir melihat aksi pelaku pencurian kotak amal, selanjutnya kejadian itupun dilaporka ke Mapolsek Klabang.

Lanjut Aipda Darweis, dari rekaman CCTV dan keterangan seorang saksi yang mengetahui ciri – ciri pelaku,  petugas menangkapnya di Desa Klampokan saat berada di rumah warga, kemudian dibawa ke Mapolsek untuk diperiksa.

Setelah diperiksa pelaku mengakui perbuatannya bahkan hasil pengembangn penyidikan jumlah uang dalam kotak amal yang dicurinya Rp. 643 Ribu, sedang laporan pengurus takmir jumlahnya Rp 570 Ribu. “Pelaku juga mengaku jika aksi yang diakukannya sudah 5 kali di TKP yang sama,”  imbuhnya.

Atas perbuatannya pelaku berikut barang bukti diantaranya, 1 sepeda motor Supra X 125 warna hitam putih, 1 baju Jas warna biru, 1 sarung motif  kotak kotak warna hitam putih merah, dan kopiah warna putih diamankan di Mapolsek Klabang guna mempermudah proses penyidikan.

Kini pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melanggar Pasal 362 junto 64 KUHP dengan ancaman kurungan selama 5 tahun penjara, dimana dalam kasus ini takmir Masjid Al Barakah mengalami kerugian sebesar Rp.1.770 ribu.*

Reporter : Cipto