Jalan Menuju Desa Lanas Bondowoso tak Tersentuh Pembangunan Pemkab

367 views

Kondisi jalan yang sempit, harus hati-hati jika berkendara

Bondowoso, Pancarkan.com – Salah satu penunjang peningkatan ekonomi, kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat adalah sarana dan prasarana kebutuhan umum, salah satunya jalan yang layak.

Seperti kondisi jalan sepanjang puluhan kilometer (Km), dari Desa Lumutan menuju Desa Lanas Kecamatan Botolinggo, hingga saat ini masih belum tersentuh pembangunan apapun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Penelusuran Pancarkan.com di lokasi, kondisi jalan menuju Desa Lanas, selain jalan padas dan bergelombang, juga lebar jalan hanya seukuran truk diesel. Akibatnya, ketika truk dari arah Desa Lanas berpapasan dengan truk dari arah Desa Lumutan, maka truk dari arah Desa Lumutan terpaksa mundur turun mencari tempat aman.

Kerugian juga dirasakan oleh pedagang pisang, dimana menurut mereka, biaya angkut jauh lebih besar, bahkan berlipat, sehingga keuntungan yang didapat minim sekali. Hingga ada beberapa pedagang pisang jadi bangkrut dengan meninggalkan hutang hingga puluhan juta rupiah.

Kades Lanas, Suniwar dalam keterangannya mengatakan,   pihaknya seringkali dikonfirmasi oleh wartawan, bahkan beritapun sering saya baca. “Namun hingga kini tidak ada tanggapan, bahkan  Pak Irwan sebelum menjadi Wabup Bondowoso berjanji,  namun sampai kini saya tetap menunggu jawabannya,” kata Suniwar.

Suniwar menambahkan, bahwa jalan menuju Desa Lanas ini sejak nenek moyang kita tetap seperti ini. Tidak pernah dipikirkan meski seringkali diusulkan dalam setiap rapat musyawarah atau kepada Pemerintah Daerah Bondowoso.*

Reporter :Bambang Hendro

Bondowoso