Pancarkan.com
Pemerintahan

Wabup Trenggalek Lantik 131 Kades Terpilih

TRENGGALEK, PETISI.CO – Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin melantik serta mengambil sumpah dan penandatanganan fakta integritas terhadap 131 Kades terpilih yang bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Jum’at (19/4/2019).

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri 131 Kades terpilih dan 1 Pj Kepala Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, panitia pilkades, sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Lebih lanjut, Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin menyampaikan bahwa hari ini dengan dilakukan  pelantikan merupakan salah satu kewajiban dari pemerintah daerah untuk mengukuhkan para calon kades yang sudah terpilih sesuai Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Trenggalek No. 13 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, Pengangkatan, Perangkat Desa, dan Pengisian Keanggotaan BPD.

“Dari 132 Kepala Desa (Kades) terpilih yang kami lantik hari ini berjumlah 131, dan satu Kepala Desa terpilih dikarenakan meninggal dunia sebelum di lantik,” jelas Gus Ipin (panggilan akrab Wabup Trenggalek).

Para Kades saat dilantik

Wabup Trenggalek Arifin menilai bahwa seluruh rangkaian pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Trenggalek pada 9 February 2019 lalu berjalan dengan lancar,walau memang ada sedikit ketidak puasan dari calon yang gagal, namun itu dianggapnya sebagai hal wajar.

“Secara keseluruhan, kami menilai bahwa jalannya proses pemilihan kepala desa pada 9 Februari 2019 kemarin berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Selanjutnya apabila ditemukan pelanggaran, itu sudah dalam ranah berbeda. Dalam prinsipnya, jika semua proses sudah dilalui maka tahapan berikutnya harus segera dilakukan. Karena jika tidak, maka pemerintah daerah bisa dianggap melanggar hukum.

“Dalam hal ini semua sudah sesuai prosedur, jika ada persoalan lain ya biar berjalan sesuai hukum yang berlaku,” tambahnya.

Lebih lanjut,Wabup Trenggalek Arifin berharap kepada para Kades yang dilantik, nantinya agar bekerja lebih giat, sesuai aturan dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Utamakan layanan publik, beri yang terbaik bagi masyarakat dan hindari pelanggaran hukum,” harapnya.(par)

The post Wabup Trenggalek Lantik 131 Kades Terpilih appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Pemkab Mojokerto Menerima SAKIP Award

redaksi

Pemkot Dinilai Langgar UU Penyusunan Perda, P3I Jatim Siapkan Judicial Review Perda Baru Reklame Surabaya

agus petisi

Pemprov Jatim Raih Penghargaan APN 2019

redaksipancarkan