Pancarkan.com
Peristiwa

Identitas Masa Lalu Kabupaten Jember dan Bondowoso Berpusat di Puger

Diskusi Mengupas Keberadaan Kerajaan Sadeng

JEMBER, PETISI.CO – Diskusi tentang Sadeng, dilaksanakan di Gedung PAUD Dusun Gedangan Desa Puger Kulon Kec. Puger, berjalan ganyeng, Kamis (11/4/2019). Dalam kegiatan ini dihadiri puluhan pemuda Puger dan para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jember dengan bahasan keberadaan Kerajaan Sadeng.

Diskusi kali ini berupaya mengupas tentang keberadaan Kerajaan Sadeng yang termashur dalam Sejarah Majapahit secara umum, dengan adanya Pemberontakan Sadeng tahun 1331 M, seperti yang dikisahkan pada Kitab Pararaton.

Diskusi dipandu oleh Mas Dana, dengan pembicara Y. Setiyo Hadi yang lebih akrab disapa Mas Yopi  yang merupakan Pengelola Boemi Poeger Persada.

“Penaklukan Sadeng begitu pula Ketha merupakan batu pijakan bagi Gajah Mada dalam menggapai puncak karirnya, serta menjadi batu pijakan dari Kerajaan Majapahit menuju puncak kejayaan dan keemasannya,”  ujar Mas Yopi, yang menelusuri serta menapak tilasi keberadaan Kerajaan Sadeng sejak tahun 2007.

Sehingga, memperlihatkan bahwa Sadeng memiliki makna strategis dalam kewilayahan Majapahit dalam menggapai puncak kejayaan dan keemasannya.

“Sumber dasar yang menginformasikan keberadaan Sadeng sebagai sesuatu kerajaan adalah Kitab Pararaton dan Negarakretagama atau Desawarnana,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan kerajaan Sadeng telah ditulis secara parsial oleh beberapa peneliti pada masa Hindia Belanda, seperti: Berg, Kern, serta NJ Krom.

Peserta diskusi, sebagian besar generasi muda Puger, sangat antusias tatkala diungkapkan bahwa wilayah Kerajaan Sadeng berpusat di Puger dengan luas wilayah meliputi Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso pada masa kini.

Wilayah Kerajaan Sadeng ini memiliki potensi sumber daya alam yang lengkap dan merupakan lumbung pangan.

Ada beberapa alasan kerajaan Sadeng ditaklukkan oleh Majapahit, yaitu:

  1. Sebagai alasan Gajah Mada dan beberapa punggawa Majapahit untuk meningkatkan karir dan status di hadapan Ratu Majapahit;
  2. Wilayah Kerajaan Sadeng merupakan lumbung pangan dengan potensi sumber daya yang lengkap;
  3. Di wilayah Kerajaan Sadeng terdapat struktur masyarakat dan pemerintahan yang berpotensi sebagai pesaing dan ancaman bagi Majapahit.

Acara diskusi  ini disepakati bersama  untuk mengggali potensi dari kesejarahan  Kerajaan Sadeng sebagai Identitas Sejarah di wilayah Kabupaten Jember.(yrs)

The post Identitas Masa Lalu Kabupaten Jember dan Bondowoso Berpusat di Puger appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Polres Blitar Kota Patroli Amankan Penyimpanan Surat Suara di PPK

redaksi

Polda Jatim Rekrut Kacong-Cebbing Madura Jadi Duta Kamtibmas

redaksi

Babinsa Gunung Anyar Tapen Gotong Royong Bangun Drainase