Pancarkan.com
Pemerintahan

Bupati Terima Catatan dan Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Kepala Daerah TA 2018

BONDOWOSO, PETISI.CO Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, menerima catatan dan rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018 dalam sidang Paripurna Istimewa di Ruang Rapat gedung DPRD Kabupaten Bondowoso, Jumat (12/4/2019).

Catatan dan rekomendasi yang telah melalui rapat Pansus DPRD itu diserahkan Ketua DPRD Bondowoso,

Tohari yang sekaligus memimpin rapat paripurna.

Penyerahan disaksikan Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Plt Sekda Bondowoso, Agung Tri Handono, Kapolres Bondowoso, AKBP. Febriansyah, Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Tarmudji dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat se-kabupaten Bondowoso.

Dalam sambutannya, Salwa Arifin, mengatakan catatan dan rekomendasi DPRD ini menunjukkan gambaran anggota dewan memberi perhatian serius atas LKPJ Kepala Daerah tahun 2018.

“Apa yang disampaikan anggota dewan yang terhormat bagi eksekutif menjadi pedoman untuk ditindaklanjuti dalam penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Salwa juga menyampaikan apresiasi kepada ketua dan anggota DPRD serta segenap SKPD, karena pembahasan LKPJ tidak melampaui jadwal yang sudah ditetapkan.

“Tentunya dikarenakan antara legislatif dan eksekutif menunjukkan kerjasama yang baik, wujud kerjasama ini ke depan patut Kita pelihara dan tingkatkan, agar Bondowoso bisa melesat,” tambahnya.

Sementara itu, Tohari atau Ketua DPRD Bondowoso, mengatakan, bahwa LKPJ pada dasarnya merupakan dokumen kinerja bupati yang disampaikan pada DPRD dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

“Oleh karenanya, LKPJ Bupati seharusnya dapat menjelaskan secara utuh di setiap program yang dilaksanakan oleh OPD dengan mengacu pada perundang-undangan,” kata Tohari dari fraksi PKB itu.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, DPRD Bondowoso, telah melakukan pembahasan dengan fokus tingkat pencapaian kinerja dan program di OPD, sebagaimana yang telah ditetapkan pada rencana kerja pemerintah daerah.

“Untuk itu, DPRD memberikan apresiasi atas capaian kinerja Pemkab Bondowoso yang telah mencapai bahkan melampaui target,” jelasnya.

Capaian tersebut, lanjut dia, sebanyak 70,96 persen atau terjadi peningkatan sebesar 2,53 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai sebesar 68,43 persen. Akan tetapi harus diperlakukan adanya evaluasi perbaikan dalam pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2018 yang capaian kerjanya masih rendah dibawah 69 persen. “Sebagai bagian dari penyelenggara Kebijakan Pemkab, DPRD Bondowoso senantiasa menilai objektif dan tetap bersikap kritis untuk meningkatkan kinerja Pemkab Bondowoso”pungkasnya.(tif)

The post Bupati Terima Catatan dan Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Kepala Daerah TA 2018 appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Pemkab Mojokerto Sosialisasi dan Koordinasi Pemilu Serentak

redaksi

Wabup Mojokerto Buka Fasilitasi Pendampingan ADD 2019

redaksi

Menemui Bupati dan Wabup Bondowoso, Kepala BKD Ajukan Pengunduran Diri