Polres Blitar Bagikan SIM Gratis Ke Siswa SMUN 1 Talun

51 views

BLITAR, PETISI.CO – Program Polres Blitar untuk melaksanakan program Polisi Masuk Sekolah hari Senin (Simaskosin) betuk-betul diimplementasikan dengan wujud nyata. Sebab agenda rutin ini selain sebagai upaya memberikan wawasan sekaligus mendekatkan intitusi kepolisian dan berinteraksi langsung dengan para pelajar, juga untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para siswa-siswi.

Dalam kegiatan ini, selain sosialisasi Millennial Road Safety Festival (MRSF), Waka Polres Blitar, Kompol Andi Yudha Pranata SH, SIK, Msi dengan didampingi Kasat Lantas, AKP M. Amirul Hakim, juga Kasat Binmas dan Kapolsek Talun, membagikan SIM gratis secara serentak di 4 SMA di wilayah Blitar kepada 3 siswa SMAN 1 Talun. Nampak Kompol Andi Yudha Pranata memimpin jalannya upacara di halaman SMAN 1 Talun, Senin (11/03/2019).

Dalam amanatnya Kompol Andi Yudha Pranata menegaskan, bahwa keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar dan bahaya penyalahgunaan narkoba sangatlah penting. “Selain itu untuk menekan tingginya angka kematian pelajar akibat laka lantas,” kata orang nomor dua di Polres Blitar ini juga mensosialisaikan MRSF yang saat ini menjadi program Korp Lantas di seluruh Indonesia.

Kecelakaan karena kelalaian dalam berkendara merupakan pembunuh nomor tiga di Indonesia, Dan menurut data, 80 persen didominasi generasi milenial kemudian disusul penyalahgunaan narkoba. Untuk itu Kepolisian Polres Blitar selalu berupaya menurunkan tingginya angka kematian akibat kecelakaan juga narkoba dan menekan serendah mungkin.

“Untuk itu kepolisian selalu berupaya memberikan wawasan kepada para pelajar,” tandas  Andi Yudha Pranata dihadapan para pelajar SMA Talun Blitar.

Lebih lanjut Andi Yudha Pranata menyampaikan, kalangan pelajar saat ini adalah pemakai terbesar gadget dan pengguna medsos. Untuk itu kaum milenial ini diharapkan agar lebih bijak dalam menggunakan medsosnya. “Sehingga tidak ikut menjadi korban hoax yang tidak menutup kemungkinan akan tersangkut UU ITE jika tidak cermat dalam bermedia sosial,” pungkas  Waka Polres Blitar.

Sementara Kasat Lantas Polres Blitar, AKP M. Amirul Hakim menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya membagikan SIM gratis kepada 16 pelajar yang dinyatakan lulus ujian teori dan praktek dari 20 pelajar yang mengikuti. SIM yang dibagikan gratis diantaranya SIM C sebanyak 13 dan 3 buah SIM A.

Yang mengikuti test sebenarnya ada 20 siswa, namun yang 4 siswa kurang mahir saat tes praktek. “Jadi masih kita bina sampai betul-betul mahir. SIM boleh gratis, tapi harus lulus ujian teori maupun praktek, bagi yang nggak lulus tetap kami bina sampai betul-betul layak memperoleh SIM,” ujar Amirul Hakim.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Talun, Gatot Wiyono Mpd menyampaikan, jika pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan kepolisian tersebut, pihak sekolah sangat berterima kasih kepada kepolisian yang ikut serta dalam memberikan bimbingan dan wawasan kepada pelajar. “Setidaknya nanti mereka bisa menjadi Polisi bagi diri mereka sendiri,” ujarnya.

Menurut Gatot kegiatan ini bagus untuk membentuk mental kepribadian siswa nenjadi lebih baik juga lebih dekat dengan Polisi. “Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak merasa tidak takut lagi dengan Polisi. Karena polisi sebagai mitra masyarakat dan mitra dari para kalangan pelajar dan remaja,” pungkasnya. (min)

The post Polres Blitar Bagikan SIM Gratis Ke Siswa SMUN 1 Talun appeared first on Petisi.