Pancarkan.com
Pemerintahan

Pemkab Jember Targetkan 3000 Sambungan Baru PDAM Gratis

JEMBER, PETISI.CO – Tahun lalu sukses dengan 1000 pemasangan sambungan PDAM secara gratis. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Jember menargetkan 3.000 sambungan baru PDAM bagi masyarakat tidak mampu maupun berpenghasilan rendah.

Hal ini diungkap Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. usai pertemuan dengan jajaran Manajemen PDAM Jember, Jumat (8/ 3/ 2019) di pendopo Wahyawibawagraha.

“Kita punya target sasaran akses untuk air minum, air bersih harus dapat dinikmati masyarakat yang membutuhkan,” terang Bupati Faida.

“Ada beberapa sasaran yang menjadi prioritas dalam program sambungan gratis PDAM diantaranya adalah keluarga miskin, keluarga difabel, keluarga dengan balita stunting, keluarga gizi buruk. Karena (sambungan PDAM) ini dibutuhkan oleh mereka,” terang bupati kepada awak media.

Sambungannya gratis, dan untuk tiap bulannya sudah sangat-sangat ringan. Berat itu kan karena (biaya) sambungannya,” tutur orang nomor satu di Jember ini.

Prioritas tersebut juga untuk para guru ngaji, rumah takmir masjid, rumah lansia. Dan, sebagai sebuah apresiasi bagi keluarga hafidz dan haidzoh yang belum ada sambungan PDAM-nya.

Lebih lanjut bupati menerangkan, untuk mendapatkan manfaat program ini, masyarakat boleh membuat pengajuan ke pendopo. Nanti akan diadakan verifikasi di lapangan. Program ini sendiri telah memetakan wilayah-wilayah yang menjadi sasaran.

Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan menambahkan, program sambungan gratis PDAM tersebut menyasar wilayah yang telah tersedia jaringan dan air baku PDAM. Tentunya ini sudah ada di sembilan kecamatan yang sudah ada pelayanan PDAM.
Kedepan akan diupayakan perluasan cakupan pelayanan. Sehingga di 31 kecamatan terdapat pelayanan air bersih PDAM.

Kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan manfaat program tersebut diantaranya adalah keluarga miskin, rumah dengan satu lantai, listrik 450/900. Persyaratan lainnya terkait dengan beberapa kelompok masyarakat yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah seperti takmir masjid, guru ngaji, dan lainnya.

Paling utama adalah keluarga dengan balita stunting. Itu kita utamakan karena itu masuk di dalam data base nasional untuk mengurangi tingkat stunting. Pemasangan saluran PDAM gratis di Kabupaten Jember ini.

“Kabupaten Jember, akan masuk rekor Muri sebagai pemasangan gratis terbanyak di Indonesia. Sebanyak 3.000 sambungan baru ini akan menggunakan penyertaan modal dari APBD sebesar Rp 10 miliar. Harapannya, masyarakat semakin bisa menggunakan air bersih dengan baik, terlayaninya air bersih dengan baik sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkas Ady. (eva)

The post Pemkab Jember Targetkan 3000 Sambungan Baru PDAM Gratis appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Bupati Optimalkan Pelayanan Pendopo Express Distribusikan Adminduk

redaksi

Bakti Sosial Kejaksaan Negeri Tuban, Menebarkan Kebaikan dan Kasih Sayang

agus petisi

Plt Bupati Maryoto Buka RAT KP-RI Hidup Pemkab Tulungagung

redaksi