Pancarkan.com
Pemerintahan

Plt Bupati Maryoto Hadiri Peringatan Hari Jadi Dekranas Ke-39

TULUNGAGUNG, PETISI.COMelalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Tulungagung, Pemkab Tulungagung mengadakan acara peringatan Hari jadi Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-39 tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tulungagung, Selasa (5/3/2019).

Kadisperindag Kabupaten Tulungagung, Dr. Eko Sugiono, MM yang juga sebagai Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa di usianya yang cukup matang ini Dekranasda Tulungagung lebih memantapkan fungsinya dalam membantu, menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan yang berbasis nilai budaya bangsa melalui program kegiatan pembinaan. Pelatihan dan pemasaran/ promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai event pameran baik lokal maupun nasional.

Plt Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung, Siyuk Rihayati Maryoto Birowo menyampaikan rasa terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam acara ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional ke 39 pada hari ini. Disampaikan pula tujuan Dewan Kerajinan Nasional adalah menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka. Membantu pemerintah merumuskan kebijaksanaan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia,memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

“Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Tulungagung mempunyai visi mewujudkan Dekranasda sebagai wadah pengembangan produk kerajinan unggulan Tulungagung yang berkualitas. Diharapkan keberadaan dekranasda dapat menggali dan mengembangkan potensi kerajinan Tulungagung. Serta meningkatkan kemampuan usaha perajin Tulungagung, meningkatkan kualitas dan desain produk kerajinan Tulungagung, memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan Tulungagung,” ujarnya.

Siyuk Maryoto melanjutkan, Kabupaten Tulungagung merupakan tempatnya kerajinan, utamanya batik, bordir, kerajinan kulit, batu onyx, dan logam. Show room Dekranasda Tulungagung merupakan ruang pamer yang digunakan untuk memamerkan sekaligus menjualkan hasil-hasil produk kerajinan IKM se-Kabupaten Tulungagung.

“Untuk itu, harga yang dipatok di ruang pamer ini jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Selanjutnya diharapkan bantuan dan kerjasama OPD terkait untuk membantu melakukan pembinaan kepada perajin di Tulungagung, memberi informasi keberadaan Dekranasda kepada masyarakat, mengarahkan wisatawan lokal dan asing untuk singgah sekaligus berbelanja di Showroom Dekranasda Tulungagung,” imbuhnya.

Plt Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM dalam sambutannya menyampaikan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tulungagung merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina bagi pelaku industri kerajinan yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreatifitas, serta berfungsi sebagai fasilitator bagi IKM di Kabupaten Tulungagung, untuk mengembangkan potensi daerah khususnya dibidang kerajinan.

“Hal ini menuntut pola pengembangan terpadu, tidak hanya terpusat pada Pemerintah dan Dekaranasda semata, perlu dipikirkan pola kerjasama antar pemangku kepentingan, agar produk kerajinan yang dihasilkan IKM Tulungagung memiliki kreatifitas tinggi dan memiliki pasar tersendiri di masyarakat. Inovasi yang berkesinambungan merupakan salah satu kunci sukses agar menghasilkan produk kerajinan dengan kreatifitas tinggi, Kabupaten Tulungagung memilki sumber daya alam yang melimpah dan pelaku usaha kerajinan yang terampil. Kedua potensi ini jka dipadukan akan menghasilkan produk kerajinan bernilai seni tinggi yang memilki keunikan,” jelasnya.

“Keunikan ini merupakan salah satu faktor utama agar produk yang dihasilkan mempunyai pasar tersendiri di masyarakat. Industri kerajinan lokal bagus untuk meningkatkan daya saing produk kebudayaan Indonesia, sehingga produk kerajinan kita jadi produk yang diminati dan memiliki daya saing di pasar global,” paparnya.

Maryoto menambahkan,Dekranasda ingin memberikan ruang bagi perajin untuk menampikan produk-produk unggulannya sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas. Sehingga penting melakukan sinergi antara OPD dengan Dekranasda, mengingat aspek pembinaan meliputi banyak hal seperti permodalan, teknik produksi, desain, manajemen dan beberapa aspek lain. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Dekranasda sendiri, untuk itu saya menghimbau OPD terkait agar memberikan dukungan terkait pembinaan bagi IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tulungagung.

Saya mengucapkan terima kasih atas peran Dekranasda Kabupaten Tulungagung yang secara terus menerus melakukan upaya pengembangan industri kerajinan, dan berharap kegiatan pembinaan ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan ditahun-tahun mendatang, mengingat kompetisi di era globalisasi saat ini menuntut agar produk yang dihasilkan oleh IKM memiliki daya saing yang kuat yang mampu merebut pangsa pasar baik lokal maupun global.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya ucapkan Selamat Hari Jadi Dekranas ke-39 tahun 2019 semoga Dekranas khususnya Dekranasda Tulungagung tetap berkarya memajukan industri kerajinan, memajukan IKM Tulungagung menghasilkan produk yang berkualitas yang mampu bersaing dipasar regional maupun global yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto,” tambah Maryoto.

Kemudian dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Plt. Ketua Dekranasda Tulungagung Nyonya Siyuk Maryoto yang diberikan kepada Ketua Harian Dekranasda Tulungagung Dr. Eko Sugiono, MM sebagai tanda peringatan ulang tahun Dekranas ke 39 tahun 2019 Kabupaten Tulungagung dan diteruskan dengan acara ramah tamah dengan segenap undangan yang hadir. (par)

The post Plt Bupati Maryoto Hadiri Peringatan Hari Jadi Dekranas Ke-39 appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Peduli Penyiaran, Pemprov Jatim Terima Penghargaan KPI

HUT Satpol PP Sidoarjo ke 69 Berlangsung Meriah

redaksi

Program on Farm Mandiri Petani di Bondowoso untuk Bantu Pasarkan Beras Organik

redaksi