PSGC Unitomo Lestarikan Lagu Daerah Lewat CCF

33 views

SURABAYA, PETISI.CO – Paduan Suara Gita Cendekia Universitas Dr. Soetomo (PSGC Unitomo) menggelar Cendekia Choir Festival (CCF), Minggu (17/02). Bertempat di Auditorium Ki. H. Moh Saleh, kegiatan ini mengangkat tema “Simfoni Millenials Untuk Negeri”.

Penampilan kategori paduan suara dari SMAN 2 Jombang

Kegiatan yang dikemas lomba dengan dua kategori solo/ duet dan paduan suara ini menekankan pada peserta untuk menyanyikan lagu daerah sebagai lagu wajib untuk dibawakan. “Di era digital ini, generasi millenial rentan akan pengaruh industri kreatif asing yang terus memberikan pengaruh budaya asing. Hal ini semakin menggerus budaya Indonesia,” ungkap Mela, Ketua Panitia saat ditemui di sela kegiatan.

Kegiatan yang diikuti sekitar 200 siswa SMA/ SMK se Jatim dari 6 tim paduan suara serta 7 orang dari kategori solo/duet ini mendatangkan Angga Fitriyono, Pemain Biola Surabaya Pilharmonic Orchestra dan Norma Nrangwesti Marta Sari, Master Class Vocal Klasik by Evelyn Marelita sebagai Juri. Dalam penilaian, Angga Fitriyono, salah satu juri mengomentari penampilan peserta untuk tetap ekspresif dalam menyanyikan lagu.

“Dalam bernyanyi, kita dalam posisi sedang menyampaikan sesuatu, jadi hayati tiap lirik yang dibawakan,” ujarnya.

Sementara itu, Suyanto, Kepala Bagian Kemahasiswaan mengatakan kegiatan yang diselenggarakan PSGC memiliki banyak manfaat, baik dari sisi panitia maupun peserta. “Dari segi peserta tentu mereka sebagai generasi millenial yang tidak lupa akan lagu daerah, budaya asli Indonesia. Dan kegiatan ini tentu menjadi pembelajaran tersendiri bagi panitia, Unit Kegiatan Mahasiswa PSGC dalam mengorganisir sebuah kegiatan,” pungkasnya.

Dalam Festival kali ini SMAN 2 Nganjuk berhasil meraih juara 1 kategori Paduan Suara, diikuti SMAN 2 Jombang sebagai juara 2, dan SMAN 18 Surabaya Juara 3. Sedangkan Juara 1 kategori Solo/ Duet diraih Dian Prasetyo, SMA Kartika Wijaya Surabaya diikuti Alamanda, SMAN 17 Surabaya sebagai juara 2 dan Al Hakim Fikri, SMAN 1 Probolinggo. (wld/cah)

The post PSGC Unitomo Lestarikan Lagu Daerah Lewat CCF appeared first on Petisi.