Pancarkan.com
Hukum

Pasca Bencana, Pelanggar Lalulintas Meningkat di Palu

PALU, PETISI.CO – Pasca bencana alam gempa bumi tsunami dan likuefaksi 28 September 2018 lalu, pelanggaran kenderaan bermotor meningkat di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Jadi pelanggaran lalu lintas setelah gempa ini, sangat meningkat. Peningkatannya terlihat dari hasil operasi yang sudah kami lakukan, yang sebelum operasi terlebih dahulu dilakukan himbauan,” kata Kapolres Palu AKBP Mujianto, S.IK, melalui Kasat Lantas AKP Dewa Made Arda Dwi Alit Sukardi, S.IK, Kamis (14/2/2019).

Dalam operasi selama bulan Januari dan Febuari 2019, kata Dewa Arda, Satuan Lalulintas Polres Palu telah mengeluarkan surat tilang sebanyak kurang lebih dua ratus surat dan menahan ratusan sepeda motor tanpa kelengkapan dokumen.

Dewa Arda Katakan, pelanggarannya dinominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor, dengan pelanggaran tidak mengunakan helm, tidak ada memakai plat nomor dan memakai knalpot bising atau bogar.

“Sebelum melakukan tindak kepada pengendara yang, kami terlebih dahulu melakukan himbauan  untuk masyarakat melengkapi surat-surat kenderaannya, saat di jalan,” katanya.

“Tiga bulan pasca gempa, setelah memulai berangsur-angsur membaik seharusnya taat juga berkendara, namun pengendara kenderaan bermotor khususnya roda dua, banyak tidak melengkapi dan tidak mentaati aturan berlalu lintas,” sambungnya.

Akibat pelanggaran berlalulintas, tegas mantan Pama Polda Sulteng ini, menyebabkan kerugian bagi pengendara dan berbahaya bagi pengendara menginggat kecelakaan bisa terjadi setiap saat.

“Saat berkendara banyak yang tidak memakai helm, tidak ada plat nomornya atau TNKB, kanalpot bogar bising. Ketika ditanya beralasan hilang saat gempa lalu, padahal pasca gempa sudah berapa bulan kemana saja selama itu tidak melengkapi,” katanya.

“Kami menghimbau masyarakat untuk melengkapi kenderaannya. Demi kemajuan Kota Palu sebagai ibu kota provinsi yang menjadi contoh untuk yang lain. Karena kalau terus melanggar pasti ditindak tegas,” tegasnya. (slo)

The post Pasca Bencana, Pelanggar Lalulintas Meningkat di Palu appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Resnarkoba Polres Bondowoso Ringkus 3 Pengedar Pil Koplo

Polsek Pakal Gelar Apel Pengamanan Menghadapi Pileg dan Pilpres 2019

agus petisi

Pembalap Motor Asal Bondowoso Tewas Ditusuk

agus petisi