Pancarkan.com
Pemerintahan

Satu Tahun Dewanti Rumpoko Pimpin Kota Batu, Raih 12 Penghargaan

BATU, PETISI.CO – Satu tahun dibawah kepemimpinan Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko dan Wakil Walikota Batu, H. Punjul Santoso sejak dilantik pada 27 Desember 2017 lalu, Kota Batu telah banyak mencatat prestasi atau penghargaan, baik di tingkat regional maupun Nasional. Baik dibidang pemerintahan, Ekonomi, Inovasi, hingga pelayanan publik,  diantaranya yaitu ;

  1. Pada tanggal 5 April 2018 Pemkot Batu mendapat penghargaan dari sino weekly goverment award 2018 dibidang pertumbuhan ekonomi.
  2. Pada tanggal 3 Mei 2018 meraih penghargaan Smartbranding Smarycity “Indonesia Smartnation Award 2018” .
  3. Pada tanggal 23 Juli 2018 Pemkot Batu meraih penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama,karena Kota Batu memberikan kesempatan kepada anak anak untuk menuntut ilmu,memberikan kebebasan agar anak berani menyampaikan pendapat terkait kebijakan pemerintah.Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
  4. Pada tanggal 28 September 2018 pemkot Batu meraih penghargaan dari pemerintah RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kab./Kota di Provinsi Jawa Timur TA.2017 atas capaian prestasi tertinggi mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
  5. Pada tanggal 23 Oktober 2018 meraih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI kepada Desa Pesanggrahan,Kec.Batu,Kota Batu sebagai Desa Sadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa Timur 2018.
  6. Pada tanggal 20 November 2018 meraih penghargaan TOP IT LEADERSHIP 2018 karena menghargai komitmen tinggi pemerintah dan pelaku bisnis dalam melakukan implementasi dan Inovasi TI TELCO.
  7. Pada tanggal 6 Desember 2018 meraih penghargaan award Among Tani IT On Agro Aplication,dimana Kota Batu merupakan pioner dalam pemanfaatan aplikasi ITdibidang pertanian melalui program Batu Smartcity.Dengan 3 aplikasi Batu Among Tani Teknologi yaitu Among Tani,Among Warga,Among Kota dinilai mampu memberikan pelayanan dan informasi seputar Kota Batu,Khususnya dibidang pertanian.
  8. Pada tanggal 6 Desember 2018 Pemkot Batu meraih Penghargaan Kota Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM.
  9. Pada tanggal 11 Desember 2018 Kota Batu meraih penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik dari OMBUDSMAN RI
  10. Pada tanggal 11 Desember 2018 Kota Batu meraih penghargaan PPID Award 2018 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.
  11. Pada tanggal 19 Desember 2018 Kota Batu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Dari sektor Pariwisata, sepanjang tahun 2018, kunjungan wisawatan di Kota Batu menembus angka 5,6 juta wisatawan. Angka tersebut melampaui target Dinas Pariwisata Kota Batu sebesar 5,2 juta wisatawan.

“Pembangunan insfrastruktur dalam mendukung pariwisata, juga dilakukan dengan peningkatan kelas jalan dan mempercantik pedestrian,” ujar Kabag Humas Pemkot Batu, Suliyanah.

(Baca Juga : Sebanyak 12 Penghargaan Diraih Kota Batu selama 2018)

Berdasarkan data yang terangkum pada Badan Pusat Statistik Daerah Kota Batu 2018, pertumbuhan ekonomi tercatat di angka 6,56 persen. Sementara rata-rata wilayah Malang Raya di angka 5,57 persen pada periode yang sama.

“Angka itu juga jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat 5,07 persen maupun Jawa Timur sebesar 5,45 persen. Pembangunan sektor ekonomi juga didukung dari industri ekonomi kreatif di Kota Batu,” ucapnya, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, berbagai program Pengentasan kemiskinan telah banyak diberikan diantaranya pemberian bantuan sosial, Perumahan bagi Veteran Pejuang Kemerdekaan, Rumah Literasi bagi Mahasiswa Kota Batu yang kuliah di Malang, Bedah Rumah tidak layak huni, Program Agrarian Daerah (Proda) Kota Batu sebanyak 1347 bidang tanah yang di sertifikasi, bantuan alat kesehatan, hingga rehab fasilitas kesehatan.

Disamping itu, perhatian di sektor pertanian juga diberikan dalam bentuk pembangunan insfrastruktur pertanian, jaringan irigasi, jalan usaha tani, pemberian bibit hewan ternak, dan alat pertanian.

Selain itu, Berdasarkan hasil Penilaian Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

“Prestasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kota Batu telah meningkat 20 point ke level B pada tahun 2018. Capaian ini melobat dua level lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya berada pada level C pada 3 tahun sebelumnya,” pungkasnya.(eka)

The post Satu Tahun Dewanti Rumpoko Pimpin Kota Batu, Raih 12 Penghargaan appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Apel Gelar Pasukan Satlinmas, Persiapan Pengamanan Pemilu Serentak 2019 di Batu

redaksi

Duta Digital Bangkalan Audensi dengan Dinas PMD Kabupaten Bangkalan

Peringati Hari Pramuka ke 60 Dandim Gresik Hadir Upacara Secara Virtual