Pancarkan.com
Peristiwa

Diterjang Angin, Banyak Pohon Tumbang di KWB

BATU, PETISI.CO – Berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BPBD Kota Batu, pada Selasa (22/1/2019) pukul 19.00 s/d 22.00 WIB, terjadi pohon tumbang, karena hujan dan angin besar.

Ada 9 lokasi pohon tumbang, yakni 1. Jl. Abd. Gani Atas ada 2 lokas, Depan Vila Toety, dan Kusuma Agro. 2. Jl. Darsono. 3. Jl. Suropati. 4. Jl. Dewi Sartika, Pasar Batu. 5. Jl.Metro. Kel. Sisir. Kecamatan Batu. 6. Panderman bawah Hotel Golden tolip, Kel. Sisir. 7. Jatim park 2 Kel. Temas.8. Desa Sidomulyo. 9. Desa Pesanggrah, Kota Batu.

Sebagai tindak lanjut, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, sudah di lokasi untuk melaksanakan kaji cepat dan tindakan awal. Hingga kini  masih dalam penanganan pihak BPBD dengan dibantu oleh masyarakat sekitarnya.

Berdasarkan pantauan tim Petisi.co di lapangan seperti di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, tampak terlihat Babinsa dan Bhabinkamtibmas hadir di okasi musibah, setelah mendapat informasi dari warga setempat guna membantu dan mengamankan lokasi.

Warga Desa Sidomulyo dan Bhabinkamtibmas usai memotong kayu yang roboh

“Mereka bekerjasama dengan beberapa warga, memotong kayu yang roboh di tepi jalan dan sisa-sisa ranting, dengan cara gotong royong, memotong dan membersihkannya,” ucap Sertu Lukman, Rabu (23/1/2019).

Kejadian tumbangnya beberapa pohon pinus tersebut, akibat dari kencangnya angin pada malam hari hinga merobohkan empat pohon pinus disatu lokasi. Lokasi robohnya pohon tersebut, tepat di Kantor Pertanian Propinsi yang beralamatkan di Jl. Bukit berbunga nomor 46, RT 3, RW 3 Sidomulyo.

“Dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerugian matriel. Tapi pohon yang sempat roboh mengenai stan bunga, milik Bu Asmiati dan masih dibersihkan bersama,” tegasnya.

Dia, juga mengimbau kepada seluruh masyarat agar lebih hati-hati, dan waspada dengan fenomena alam sekarang yang tidak bisa diprediksi.

Sementara itu, Asmiati, pemilik stan penjual bunga di pingir jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo juga menyatakan, musibah ini adalah alam, bukan dari perusakan orang.

“Saya menyadari, meskipun stan  tersebut adalah tulang pungung dan usaha saya satu satunya, maka dengan robohnya pohon pinus tersebut tidak menjadi soal. Apalagi dalam satu lokasi ada empat titik,” paparnya.

Kepala BPBP Kota Batu Sasmito, saat dikonfirmasi memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Batu, terkait Peringatan Dini Fenonena Angin Kencang, maka berkenaan dengan adanya cuaca angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Batu, dihimbau kepada masyarakat untuk:

  1. Meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing.
  2. Bagi pengguna jalan agar mewaspadai ranting/dahan yang berpotensi patah serta tidak memarkir kendaraan di sekitar pohon yang rawan tumbang.
  3. Tidak melakukan aktivitas di tempat yang berpotensi ancaman roboh karena angin
  4. Melaporkan ke Call Center Pusdalops BPBD Kota Batu jika mengetahui ancaman/potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat di nomer Telp +62 812-1710-4099. Demikian himbauan ini disampaikan.(fir/eka)

The post Diterjang Angin, Banyak Pohon Tumbang di KWB appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Divif 2 Kostrad Selenggarakan UST Tingkat Kompi/Baterai Batalyon BS

Tambah Pengetahuan Islam Jamaah Masjid At-Tauhid Ziarah Wali Madura

Dandim 0825 Banyuwangi Lantik Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama Serta PNS

redaksi