Pancarkan.com
Peristiwa

Pimpin Ucapara Bendera, Dandim Tulungagung Bacakan Amanat Panglima TNI

TULUNGAGUNG, PETISI.CO Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih tanggal 17 Januari 2019 yang dilaksanakan di lapangan Taman Kota Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Kamis (17/01/2019).

Komandan upacara dalam upacara ini dijabat Lettu Inf Haryanto (Danramil 0807/13 Kauman) dan Perwira upacara oleh Lettu Inf Khoiruddin (Pasi Pers Kodim 0807/Tulungagung) serta diikuti oleh 100 orang yang merupakan gabungan dari personel Militer, PNS Kodim 0807/Tulungagung, Subdenpom V/1-6 Tulungagung, Poskes 05.10.05 dan Minvetcad 07 Tulungagung.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Mengawali amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa pencapaian yang telah dilaksanakan oleh TNI selama tahun 2018, di antaranya seperti pengamanan Pilkada serentak, penanganan bencana alam di Palu dan Lombok, pengamanan Asian Games Jakarta dan Palembang, pelaksanaan Latgab dengan scenario 3 trouble spot.

Selanjutnya TNI juga telah melaksanakan pengembangan organisasi khususnya di wilayah timur, pembentukan satuan terintegrasi di Natuna, penangulangan bencana alam di Asmat Papua dan Mausu Ane Maluku, evakuasi dan pencarian Lion Air JT-610, mengatasi kelompok bersenjata di Nduga Papua, serta terlibat aktif menjadi pasukan perdamaian PBB.

Ia mengatakan, Itu hanya sebagian kecil catatan yang perlu dilihat sejenak, sebagai bahan renungan dan kajian kita bersama. “Kelebihan dan kekurangan yang ada, hendaknya menjadi pelajaran dalam mengemban amanah  yang dipercayakan kepada TNI,” ujarnya.

Panglima TNI berharap, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, TNI dinilai mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinnekaan.

“Untuk itu TNI bersama-sama segenap komponen bangsa harus mampu melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas, dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat,” urai Panglima TNI dalam amanatnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menekankan, agar seluruh prajurit dan PNS TNI senantiasa menjunjung tinggi netralitas pada Pileg dan Pilpres 2019 sesuai dengan yang telah dicanangkannya.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI juga berpesan, selain melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus dapat bersatu dan manunggal dengan rakyat.

“TNI adalah bagian dari rakyat, dan Kemanunggalan TNI dan Rakyat adalah marwah NKRI sejak negeri ini berdiri,” tutupnya.(par)

 

The post Pimpin Ucapara Bendera, Dandim Tulungagung Bacakan Amanat Panglima TNI appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

KRI Sultan Nuku-373 Gelar Anjangsana dengan Masyarakat Pilau Marore

Lanal Batuporon Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

redaksipancarkan

Jelang Puncak Gebyar Nusantara Gemilang Polda Jatim, Peserta Antusias Latihan