Pancarkan.com
Pemerintahan

Walikota Batu Menerima Kunjungan dari Kota Fukushima Jepang

BATU, PETISI.CO – Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, menerima kunjungan tamu dari Jepang di Ruang Rapat Utama lt.5 gedung A Balaikota Among Tani, Kota Batu, Senin (14/1/2019).

Hadir dalam kegiatan kunjungan ini, Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo, Wakil Ketua I DPRD Hari Danah Wahyono, Wakil Ketua II DPRD Nurrochman, dan beberapa Anggota DPRD Kota Batu.

Pimpinan Tim dari Jepang, Sinji Okaizaki, Tim dr. Jilo, Sekretaris Daerah, Biro Kerjasama Luar Negeri Provinsi Jawa Timur, Prof Indah, Perwakilan Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot Batu.

Kunjungan ini merupakan penjajakan rencana kerjasama bidang pertanian antara Pemerintah Kota Batu, dan Kota Fukushima-Jepang.

Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko dalam sambutannya mengatakan, bahwa antara Pemerintah Kota Batu dengan DPRD Kota Batu telah sepakat dan memiliki persamaan persepsi untuk lebih memakmurkan petani dengan konsep pertanian dari Jepang ini.

Sehingga nantinya, Dinas Pertanian bisa melihat dan menerapkan konsep dengan sebenarnya pada kunjungan kali ini. Karea menurut tim dari Jepang, kondisi Kota Batu sangat bagus dan cocok, hanya manajemen pertanian yang perlu diperbaiki.

Ketika sudah bisa dilakukan, maka fluktuatif harga dan kelangkaan produksi serta distribusi hasil pertanian akan teratasi.

“Kita akan melihat presentasi dari Tim Jepang, saya ucapkan selamat datang di Balaikota Among Tani, Kota Batu, semoga kerjasama ini bisa cepat terealisisasi,” tuturnya.

Sementara itu, dari Tim Jepang yang diwakili oleh Sinji Okazaki dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa pembicaraan kerjasama mengenai Kota Batu dan Kota Fukushima sudah berlangsung sejak 2016.

“Kemudian studi lapangan sudah dilakukan sebanyak 3 kali, kami sudah melakukan komunikasi yang baik sejak Bapak Walikota Eddy Rumpoko, hingga ibu Dewanti Rumpoko. Setelah berkomunikasi dengan baik, kita bisa melihat isu yang terjadi disini apa saja, yang pertama kita ingin menyejahterakan tingkat level petani yang ada di Kota Batu,” ucapnya.

Kemudian berdasarkan pengalaman, dia lanjutkan, kita harus menangani permasalahan yang terkait lingkungan dari pertanian pada umumnya.

“Kami berharap bisa menjadi partner yang baik, sehingga Kota Batu bisa menggunakan resources yang optimal berdasarkan pengalaman kami, partnership yang dimaksud tidak hanya g2g, b2b bahkan a2a, academic to academic,” tandasnya.

Diakhir acara, dilakukan tukar cinderamata antara Walikota Batu, dengan Tim dari Kota Fukushima-Jepang.(eka)

 

The post Walikota Batu Menerima Kunjungan dari Kota Fukushima Jepang appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Pemkab Kuansing Segera Terapkan Sistem TPP

redaksi

Kades se-Kabupaten Bondowoso dan Jajaran Ngaji Bareng Bupati

redaksi

Calon Kades Desa Maswet Tandatangani Penetapan DPS