Disbudpar Jombang Gelar Festival Ludruk Antar-Kabupaten

81 views
banner 468x60)

JOMBANG, PETISI.CO – Melestarikan kesenian atau kebudayaan asli memang sangat diperlukan. Seperti yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jombang,  Sabtu (01/12/2018), di halaman Kantor Dinas Budpar, yang menggelar Festival Ludruk antar kabupaten.  Peserta berasal dari Surabaya,  Kediri, Madiun dan Jombang.

Jamil,  koordinator Festival Ludruk mengatakan,  melestarikan kesenian ludruk merupakan kewajiban kita semua. Karena kalau tidak dilestarikan akan punah dan ludruk hanya tinggal nama.

Untuk itu,  pihaknya bekerjasama dengan Disbudpar Jombang menggelar Festival Ludruk,  yang diikuti 6 grup ludruk dari Surabaya,  Madiun,  Jombang dan Kediri.

“Tahun depan insya Allah pesertanya tambah,” tutur Mbah Jamil panggilan akrabnya.

Kepala Disbudpar Kabupaten Jombang mengatakan, kesenian ludruk saat ini menjadi semakin langka, karena generasi muda jarang yang mau menjadi pemain ludruk, mereka lebih senang jadi pemain sinetron.

“Mudah-mudahan dengan festival ludruk ini lebih merangsang kemauan generasi muda, sehinga mau jadi pemain ludruk,” pintanya.

“Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrohmannirohim, Festival Ludruk antar kabupaten resmi saya buka,” tutur Bambang Kadisbudpar Jombang.

Peserta pertama yang tampil adalah Ludruk Irama Budaya dari Surabaya, dilanjutkan peserta lainya secara berurutan Ludruk Bharada Unesa Surabaya, Suco Tirta Jombang, Putra Jenggala Kediri, Arek Jombang dan Ludruk GSM Madiun.(prw)

banner 468x60)

Festival Ludruk Jombang

banner 468x60)